Apa Itu Bahasa : Pengertian Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Dan Fungsi Bahasa – Untuk berkomunikasi sehari-hari manusia tentunya menggunakan bahasa. Dengan begitu maksud dari seseorang bisa tersampaikan kepada orang lain dengan tepat. Lantas apa itu bahasa? Bagaimana sejarah bahasa dan apa saja fungsi dari bahasa?



Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, berikut kami akan membahas lebih dalam seputar bahasa. Baik dari segi definisi, teori sejarah, hingga fungsinya.

Pengertian Bahasa

Bahasa adalah salah satu alat komunikasi yang dipakai umat manusia. Bahasa juga menjadi penghubung penting antar sesama manusia. Maka dari itu bahasa bisa dikatakan sebagai sesuatu yang penting sebagai syarat untuk berkomunikasi antar sesama.

Secara harfiah definisi bahasa adalah sarana yang dipakai oleh setiap makhluk hidup, khususnya manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan makhluk hidup lainnya. Misalnya kita mempunyai bahasa yang dipakai untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita. Jenis bahasa yang baik tentu berkembang pada satu sistem. Dan di dalamnya terdapat aturan yang harus dipatuhi oleh setiap pemakainya. Melalui bahasa tentu pesan yang tersampaikan dan pesan yang diterima akan lebih mudah.

Bahasa juga bisa diartikan sebagai suatu sistem dengan lambang yang terorganisir dan disepakati dan disepakati secara umum. Bahasa juga menjadi hasil pembelajaran yang digunakan untuk menyajikan berbagai pengalaman di dalam suatu komunitas.

pengertian bahasa

Bahasa sudah menjadi alat utama dalam penyaluran kepercayaan, norma, nilai, seni hingga religi yang terdapat di dalamnya. Bahasa juga menjadi alat bantu setiap manusia dalam berpikir secara logis.



Tidak hanya itu, bahasa juga erat kaitannya dengan budaya dan pola pikir di suatu masyarakat. Dengan begitu bahasa berhubungan dengan cara berpikir setiap orang yang diwujudkan lewat bahasa itu sendiri. Lewat bahasa tersebut terjadi pewarisan suatu budaya secara turun temurun. Seperti misalnya seorang penari akan mengajarkan muridnya bagaimana cara menari yang baik dan benar.

Contoh lainnya adalah para Kyai di sebuah pesantren yang mengajarkan anak-anak didiknya untuk mengaji dengan bahasa arab. Sementara pelajaran religius lainnya Kyai tersebut memakai bahasa Indonesia atau bahasa daerah setempat yang biasa dipakai. Hal tersebut menunjukkan dalam bahasa adanya pewarisan budaya bahasa, religi dan juga seni sekaligus.

Baca juga: Pengertian Komunikasi

Pengertian Bahasa Menurut KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bahasa berarti sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh semua orang atau anggota masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam bentuk percakapan yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun yang baik.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Keraf

Dalam Smarapradhipa Keraf menyimpulkan 2 pengertian bahasa. Pertama, bahasa adalah alat komunikasi antara anggota pada masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan dengan alat ucap manusia. Sedangkan pengertian bahasa kedua adalah sistem komunikasi yang memakai media simbol-simbol vokal atau bunyi ujaran yang bersifat arbitrer.

Wibowo



Sementara Wibowo menerangkan bahwa bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna serta berartikulasi atau dihasilkan oleh media ucap yang mempunyai sifat arbitrer & konvensional, yang dipakai sebagai sarana alat berkomunikasi oleh suatu kelompok manusia untuk melahirkan sebuah perasaan dan pikiran.

Santoso

Definisi bahasa menurut Santoso adalah rangkaian suatu bunyi yang dihasilkan dari alat ucap manusia yang dilakukan secara sadar.

Bill Adams

Menurut Bill Adams, Bahasa merupakan sebuah sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subjektif.

Wittgenstein

Sedangkan menurut Wittgenstein bahasa adalah bentuk pemikiran yang bisa dipahami, berhubungan dengan realitas dan mempunyai bentuk serta struktur yang logis.

Ferdinand De Saussure

Bahasa merupakan ciri pembeda yang paling menonjol, sebab dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lain.

Plato

Menurut Plato, bahasa pada dasarnya merupakan pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cerminan dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut.

Bloch & Trager

Bahasa merupakan suatu sistem simbol yang bersifat manasuka dan dengan sistem itu suatu kelompok sosial bekerja sama.

Carrol

Carrol menyampaikan pendapat bahwa bahasa adalah sebuah sistem berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang dipakai atau yang bisa digunakan dalam komunikasi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan proses-proses dalam lingkungan hidup manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *