Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Belajar Menurut Ahli – Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu belajar dalam banyak hal. Bisa belajar di sekolah untuk menambah wawasan, belajar memasak, belajar bermain musik dan lain sebagainya. Lalu apa yang dimaksud dengan belajar?



Pada artikel kali ini kami akan membahas lebih jauh seputar pengertian belajar, baik definisi secara umum maupun menurut pendapat ahli. Selain itu juga akan dibahas, contoh belajar, tujuan belajar, berikut ciri-cirinya. Silakan simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

pengertian belajar

Pengertian Belajar

Belajar adalah suatu proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, sikap, keterampilan dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang sudah dipelajari.

Selain itu belajar juga bisa diartikan sebagai semua aktivitas psikis yang dilakukan oleh setiap individu sehingga tingkah lakunya berbeda antara sebelum dan sesudah belajar. Perubahan tingkah laku atau tanggapan ini karena adanya pengalaman baru, mempunyai kepandaian atau ilmu setelah belajar dan juga aktivitas berlatih.

Tidak sebatas itu saja, belajar juga bisa dimaknai sebagai suatu proses perubahan kepribadian seseorang dimana perubahan itu dalam bentuk peningkatan kualitas perilaku. Seperti peningkatan keterampilan, pengetahuan, pemahaman, daya pikir, sikap dan berbagai kemampuan lainnya.

Baca juga: Peran Guru Dalam Pembelajaran

Definisi Belajar Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapat mengenai pengertian belajar. Untuk lebih jelasnya silakan simak pendapat masing-masing ahli berikut:

M. Sobry Sutikno



Menjelaskan bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Dalam hal ini perubahan merupakan hal yang dilakukan secara sadar atau disengaja dan bertujuan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya.

Thursan Hakim

Sementara Thursan Hakim menjelaskan definisi belajar sebagai suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia yang ditunjukkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku. Seperti peningkatan pengetahuan, sikap kecakapan, pemahaman, kebiasaan, keterampilan, daya pikir dan kemampuan lainnya.

Skinner

Skinner menjelaskan bahwa belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlaku secara progresif.

C.T. Morgan



Menurutnya, belajar merupakan suatu perubahan yang relatif dalam menetapkan tingkah laku sebagai akibat atau hasil dari pengalaman yang telah lalu.

Hilgard & Bower

Definisi belajar menurut Hilgard dan Bower adalah perubahan tingkah laku seseorang terhadap suatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi tersebut.

belajar bareng

Baca juga: Pembelajaran Problem Based Learning

Tujuan Belajar

Tujuan utama dari belajar adalah untuk mendapatkan dan meningkatkan tingkah laku manusia dalam bentuk keterampilan, pengetahuan, sikap positif dan kemampuan-kemampuan lainnya. Secara umum tujuan belajar ada tiga macam, antara lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published.