Apa Itu Bisnis : Pengertian, Fungsi, Tujuan

Posted on

Definisi Bisnis – Dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan pengertian bisnis. Seperti yang diketahui, bisnis menjadi salah satu kegiatan yang tidak asing di telinga kita. Oleh karenanya kami berniat untuk membahas definisi bisnis, sehingga Anda bisa memahami lebih dalam seputar bisnis.



Tidak hanya membahas mengenai pengertian bisnis, atau definisi bisnis menurut para ahli saja, namun juga akan dibahas mengenai tujuan bisnis, Fungsi bisnis, macam-macam bisnis dan lain sebagainya.

Pengertian Bisnis

Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan ataupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian ataupun pertukaran barang maupun jasa. Ini semua dilakukan dengan tujuan memperoleh laba atau keuntungan.

Bisnis berasal dari bahasa Inggris ‘business’ yang berarti kesibukan. Dalam arti sederhana, yang dimaksud kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.

Penggunaan kata bisnis bisa dibedakan menjadi tiga, tergantung skupnya. Kata bisnis bisa merujuk pada:

  • Badan Usaha, yaitu kesatuan Yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan.
  • Sektor Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
  • Seluruh aktivitas pada komunitas produsen barang dan jasa.

Baca juga: Pengertian Manajemen

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

pengertian bisnis

Supaya lebih memahami apa itu bisnis, kami akan memaparkan pengertian bisnis menurut pendapat ahli. Ada beberapa pendapat yang bisa dijadikan referensi. Berikut pengertian bisnis menurut para ahli.

Hughes dan Kapoor



Definisi bisnis menurut Hughes dan Kapoor adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Brown dan Pretello

Bisnis merupakan lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan oleh masyarakat dan semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta, tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.

Jeff Madura

Definisi bisnis menurut Jeff Madura adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan.

L. R. Dicksee



L. R. Dicksee mengemukakan pendapat bahwa bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang tujuan utamanya adalah untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Peterson dan Plowman

Bisnis adalah serangkaian aktivitas atau kegiatan yang berhubungan dengan penjualan dan pembelian barang atau jasa yang dilakukan secara berulang-ulang dan konsisten.

Owen

Menurut Owen, Bisnis adalah suatu perusahaan yang berhubungan dengan pendistribusi dan produksi barang-barang yang nantinya akan dijual ke pasaran atau yang memberikan harga sesuai dengan tiap-tiap jasanya.

Hunt dan Urwick

Bisnis adalah sebuah perusahaan apapun yang membuat, mendistribusikan ataupun yang menyediakan macam-macam barang atau jasa yang diperlukan oleh masyarakat lainnya dan bersedia serta mampu untuk membeli atau membayarnya.

bisnis adalah

Tujuan Bisnis

Setelah mengetahui pengertian bisnis menurut beberapa ahli, kini kita bahas mengapa bisnis itu ada. Tujuan utama dari bisnis adalah untuk mendapatkan laba dengan memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tujuan bisnis:

  • Untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis.
  • Untuk pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Untuk mencapai kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
  • Untuk menunjukkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang.
  • Untuk meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.
  • Untuk menunjukkan prestise dan prestasi.

Fungsi Bisnis

Seluruh kegiatan bisnis berfungsi untuk membuat sesuatu yang awalnya kurang bernilai menjadi sesuatu yang bernilai tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sesudah diolah. Ada beberapa fungsi dari bisnis, yakni:

  • Form Utility. Yakni fungsi produksi dimana sebuah bisnis menghasilkan suatu barang atau jasa yang diperlukan masyarakat. Contohnya perusahaan furnitur atau perusahan jasa keuangan.
  • Place Utility. Merupakan fungsi distribusi dimana sebuah bisnis menyalurkan suatu barang ataupun jasa ke lokasi terdekat yang dapat dijangkau oleh konsumen.
  • Possessive Utility. Merupakan fungsi penjualan dalam bisnis.
  • Time Utility. Adalah fungsi penyimpanan dan pemasaran dalam bisnis, dimana barang pada saat itu kurang bermanfaat untuk nantinya dikeluarkan ketika barang tersebut lebih bermanfaat.

Menurut Steinhoff dalam bukunya The World of Business (1979) ada tiga fungsi utama dari bisnis, diantaranya:

  • Acquiring Raw Material. Artinya untuk mencari bahan mentah.
  • Manufacturing Raw Materials Into Product. Yakni mengubah bahan mentah yang diperoleh tadi menjadi barang jadi.
  • Distributing Product to Consumers. Setelah menjadi barang jadi, fungsi berikutnya adalah untuk menyalurkan produk yang dihasilkan kepada konsumen.

Manfaat Bisnis

Bisnis memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  • Memperoleh Penghargaan

Dengan melakukan bisnis yang positif, maka secara otomatis akan memunculkan pengakuan dari masyarakat atas barang atau jasa yang ditawarkan. Hal ini akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis itu sendiri.

  • Menggaji Diri Sendiri dan Berkesempatan Menjadi Bos

Melihat tujuan bisnis adalah untuk mendapat keuntungan sebanyak mungkin maka seorang yang menjalankan bisnis pasti dapat menggaji dirinya sendiri, bahkan juga bisa mempekerjakan karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *