Apa Itu Bisnis : Pengertian, Fungsi, Tujuan

Posted on

bisnis



Macam-Macam Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pengertian bisnis pada akhirnya akan merujuk pada sektor tertentu yang dicakup. Ada beberapa macam bisnis yang bisa kita temui. Berikut jenis bisnis beserta penjelasannya.

– Jenis Bisnis Berdasarkan Motifnya

Jika dilihat dari motifnya, bisnis bisa dibagi menjadi dua, yakni:

  • Bisnis yang berorientasi keuntungan atau profit oriented/profit motive. Contohnya adalah perusahaan perorangan, CV, Firma, PT dan lain-lain.
  • Bisnis yang tidak berorientasi keuntungan atau nirlaba (non profit oriented atau non profit motive). Misalnya organisasi sosial, yayasan, lembaga swadaya masyarakat dan lain-lain.

– Jenis Bisnis Berdasarkan Kegiatannya

Jika dilihat dari jenis kegiatannya, bisnis dapat dibagi menjadi empat macam. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

  • Bisnis Pertanian, yakni usaha di bidang pertanian atau agro bisnis yang mencakup perkebunan, pertanian, peternakan, perikanan dan lain sebagainya.
  • Bisnis Produksi Bahan Mentah, merupakan bidang usaha yang bergerak di sektor pertambangan, kehutanan dan lain-lain. Produk yang dihasilkan bidang usaha ini merupakan bahan mentah yang akan diolah kembali.
  • Bisnis Manufaktur, merupakan usaha di bidang pengolahan bahan baku atau bahan mentah menjadi bahan jadi.
  • Bisnis Konstruksi, adalah bisnis di bidang pembangunan konstruksi atau infrastruktur. Contohnya gedung atau bangunan, jalan raya dan lain sebagainya.
  • Bisnis Transportasi, adalah usaha di bidang transportasi yang membantu mobilitas masyarkat dalam menyalurkan barang.
  • Bisnis komunikasi, merupakan usaha di bidang komunikasi yang membantu masyarakat dalam hal informasi dan komunikasi. Misalnya telepon, televisi, radio dan sebagainya.
  • Bisnis Perdagangan Besar atau Kecil, merupakan usaha di bidang niaga yang berperan sebagai perantara antara produsen dengan konsumen.
  • Bisnis Finansial Asuransi dan Real Estate, yaitu usaha di bidang keuangan yang fungsinya membantu masyarkat dalam hal kredit permodalan, asuransi maupun perencanaan dan kredit kepemilikan properti.
  • Bisnis Jasa, merupakan usaha yang kegiatannya menciptakan dan menjual produk tak berwujud seperti jasa untuk menghasilkan keuntungan.

– Jenis Bisnis Berdasarkan Nilai Kegunaannya



Menurut nilai kegunaannya, bisnis dapat menciptakan 4 nilai kegunaan, diantaranya:

  • Nilai guna bentuk (form utility). Bisnis yang menciptakan nilai bentuk merupakan bisnis yang berusaha untuk mengubah suatu benda sehingga menjadi lebih bermanfaat bagi manusia. Contohnya adalah perusahaan keramik, pembuat furnitur dan lain-lain.
  • Nilai guna tempat (place utility). Bisnis ini menciptakan kegunaan tempat yang berupa memindahkan sesuatu dari suatu tempat yang kurang bermanfaat lalu dipindahkan ke tempat lain yang lebih bermanfaat. Perusahan ini bergerak di bidang transportasi, baik orang ataupun barang, baik di darat, laut ataupun udara.
  • Nilai guna waktu (time utility). Bisnis ini merupakan usaha penyimpanan yang tujuannya untuk menyimpan barang dari suatu waktu yang pada saat itu kurang bermanfaat untuk nantinya dikeluarkan pada saat barang tersebut lebih bermanfaat. Misalnya hasil pertanian, cengkeh, kakao, padi dan lain sebagainya.

Sejarah Bisnis

Perkembangan dalam dunia bisnis berlangsung bertahap. Mada awalnya orang melakukan bisnis hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya saja. Contohnya seseorang menanam tanaman untuk makan, menjahit untuk dipakai sendiri, sampai membuat rumah dengan bantuan tetangga untuk dihuni sendiri. Bisnis yang dilakukan oleh orang zaman dulu berskala kecil dan belum terpikirkan cara meminjam modal supaya dapat melakukan produksi dalam skala besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.