Apa Itu Data : Pengertian, Fungsi Dan Contoh

Posted on

Pengertian Dan Fungsi Data – Informasi yang disampaikan atau diterima dari seseorang merupakan hasil dari pengolahan data. Di zaman modern seperti sekarang ini suatu data bisa menjadi hal yang penting bagi kehidupan. Hampir setiap hal di kehidupan kita sehari-hari selalu berhubungan dengan informasi.



Tanpa adanya informasi, maka seseorang akan kesulitan untuk mengetahui kabar-kabar terkini atau bagaimana cara menangani maupun menyelesaikan sebuah permasalahan. Di mana ada informasi, maka ada yang namanya data. Satu hal ini juga penting, sebab tanpa data maka tidak ada yang namanya informasi.

Setelah sebelumnya membahas seputar pengertian informasi, kali ini kami akan mengupas lebih dalam seputar apa itu data. Tidak hanya membahas definisi data saja, namun juga fungsi dan berbagai jenis data yang bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu Anda bisa lebih memahami mengenai pengertian data dalam segala bidang. Baik bidang pendidikan, sosial, penelitian dan lain sebagainya.

Pengertian Data

data adalah

Data pada dasarnya adalah kumpulan informasi atau keterangan-keterangan dari suatu hal yang diperoleh lewat pengamatan atau pencarian ke sumber-sumber tertentu. Data yang didapat bisa menjadi suatu anggapan atau fakta karena belum diolah lebih lanjut.

Sesudah diolah melalui penelitian atau percobaan baru data bisa menjadi bentuk yang lebih kompleks. Misalnya database, informasi atau bahkan solusi untuk sebuah permasalahan.

Data berasal dari kata ‘datum’ yang dalam bahasa Romawi berarti sesuatu yang diberikan. Untuk itu data bisa diartikan sebagai suatu hal yang diberikan, bukan memberikan. Sebab jika memberikan maka data sudah menjadi informasi yang baku dan diakui kebenarannya. Istilah data sendiri banyak ditemui pada bidang komputer atau ruang lingkup penelitian.

Dalam bidang komputer, Anda pastinya tidak asing dengan yang namanya database atau software pengolah data. Sementara untuk bidang penelitian merupakan hal yang wajib bagi peneliti untuk mencari data terlebih dahulu melalui observasi atau pengamatan sebelum dikaji lebih lanjut dan membuahkan hasil penelitian. Hal ini juga sering ditemui dalam bidang pendidikan seperti jurnal maupun skripsi.



Baca juga: Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif

Berikut di bawah ini ada beberapa definisi data sebagai istilah:

  • Data adalah fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan atau direkam ke dalam berbagai bentuk media.
  • Data adalah fakta berupa angka, karakter, symbol, gambar, tanda-tanda, isyarat, tulisan, suara, bunyi yang merepresentasikan keadaan sebenarnya yang selanjutnya digunakan sebagai masukan suatu Sistem Informasi.
  • Dalam dunia komputer data adalah segala sesuatu yang dapat disimpan dalam memori menurut format tertentu
  • Data adalah deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi (data is the description of things and events that we face).
  • Data adalah bahan yang akan diolah/diproses berupa angka-angka, huruf-huruf, symbol-simbol, kata-kata yang akan menunjukkan situasi dan lain lain yang berdiri sendiri
  • Dalam dunia komputer data adalah segala sesuatu yang dapat disimpan dalam memori menurut format tertentu
  • Dalam bahasa sehari-hari data adalah fakta tersurat (dalam bentuk catatan atau tulisan) tentang suatu obyek.
  • Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.
  • Data merupakan komponen dasar dari informasi yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi.

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapat soal definisi data.

Selamet Riyadi

Menurut Selamet Riyadi, data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan dimana data bisa berupa angka-angka atau lembang-lambang.

Kuswadi dan E. Mutiara

Sedangkan berdasarkan pendapat Kuswadi dan E. Mutiara, data merupakan kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, dapat berupa angka, lambang, atau sifat.



Kristanto

Kristanto mengemukakan pendapat bahwa data merupakan suatu fakta mengenai objek yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan dan kejadian.

Nuzulla Agustina

Data adalah keterangan mengenai sesuatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa himpunan fakta, angka, grafik, tabel, gambar, lambang, kata, huruf-huruf yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.

Arikunto (2002)

Data merupakan segala fakta dan angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi, sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data yang dipakai untuk suatu keperluan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *