Apa Itu Data : Pengertian, Fungsi Dan Contoh

Posted on

pengumpulan data

H. J. Sriyanto

Data adalah suatu keterangan atau informasi tentang objek penelitian.



Wahyu Supriyanto dan Ahmad Muhsin

Data adalah bahan baku dalam sebuah informasi, atau kelompok teratur simbol-simbol yang mewakili kuantitas, fakta, tindakan, benda, dan sebagainya.

Zulkifli A. M

Data adalah keterangan atau bukti mengenai suatu kenyataan yang masih mentah, masih berdiri sendiri-sendiri, belum diorganisasikan, dan belum diolah.

Fungsi Data

pengertian data

Bagi peneliti, suatu data dijadikan landasan utama dalam penelitiannya. Dalam bidang komputer hampir semua hal melibatkan suatu data yang kemudian diolah untuk memecahkan masalah.

Berdasarkan hal-hal di atas, bisa disimpulkan bahwa suatu data berfungsi untuk membuat keputusan terbaik dalam memecahkan masalah. Selain itu data juga berfungsi sebagai dasar suatu perencanaan atau penelitian, dijadikan sebagai acuan dalam setiap implementasi suatu kegiatan dan terakhir data juga bisa menjadi bahan evaluasi.

Suatu data bisa diibaratkan sebagai dasar perencanaan atau riwayat segala tindakan yang sudah dilakukan. Itulah mengapa hampir setiap aspek kehidupan melibatkan suatu data. Berikut beberapa fungsi data:

  1. Untuk membuat keputusan,
  2. Sebagai dasar suatu perencanaan,
  3. Sebagai alat pengendali terhadap pelaksanaan atau implementasi suatu aktivitas, dan
  4. Sebagai dasar evaluasi terhadap suatu kegiatan

Jenis Data

apa itu data

Data bisa dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan sumber, waktu dan cara memperolehnya. Supaya lebih jelas, silakan simak penjelasan berikut ini.

Data Menurut Sumbernya

Menurut sumbernya, data bisa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Data primer. Adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan seseorang yang melakukan penelitian atau yang bersangkutan yang membutuhkannya. Dalam hal ini data primer disebut juga dengan data asli atau data baru.
  • Data sekunder. Adalah data yang didapat atau dikumpulkan dari sumber-sumber yang sudah ada. Data sekunder ini biasanya didapat dari perpustakaan, laporan atau dokumen peneliti terdahulu. Data sekunder juga bisa disebut dengan istilah data tersedia.

Data Menurut Sifatnya

Menurut sifatnya, data dibagi menjadi dua macam. yaitu data kualitatif dan kuantitatif.

  • Data kualitatif. Adalah data yang tidak berbentuk bilangan. Data ini berbentuk pernyataan verbal, simbol maupun gambar. Misalnya jenis kelamin, warna dan lain sebagainya.
  • Data kuantitatif. Merupakan data yang berbentuk bilangan atau data kualitatif yang diangkakan. Misalnya tinggi, umur, jumlah, nilai dan lain sebagainya.

Data Menurut Waktu Pengumpulannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *