Apa Itu Data : Pengertian, Fungsi Dan Contoh

Posted on

pengumpulan data

Jika dilihat ari waktu pengumpulannya, data bisa dibagi dalam dua macam, yakni:

  • Data berkala (Time Series). Data berkala adalah data yang terkumpul dari waktu ke waktu untuk memberikan gambaran perkembangan suatu kegiatan atau fenomena. Misalnya Data perkembangan harga 9 macam bahan pokok selama 10 bulan terakhir yang dikumpulkan setiap bulan.
  • Data Cross Section. Merupakan data yang terkumpul pada suatu waktu tertentu untuk memberikan gambaran perkembangan keadaan atau kegiatan pada waktu itu. Contoh data cross section adalah data sensus penduduk, hasil UN dan lain-lain.

Baca juga: Cara Tarik Data PD Dapodik

Metode Pengumpulan Data

pengumpulan data



Metode Pengumpulan Data merupakan teknik atau cara yang dilakukan untuk mengumpulkan data. Metode menunjuk suatu cara sehingga dapat diperlihatkan penggunaannya melalui angket, wawancara, pengamatan, tes, dokumentasi dan sebagainya.

Ada tiga teknik pengumpulan data yang biasa digunakan untuk menggali informasi:

  • Angket

Angket / kuesioner adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepada orang lain yang dijadikan responden untuk dijawabnya.

Prinsip penulisan angket menyangkut beberapa faktor antara lain :

1. Isi dan tujuan pertanyaan

2. Bahasa yang digunakan harus disesuaikan dengan kemampuan responden

3. Tipe pertanyaan apakah terbuka (jawaban responden bebas) atau tertutup (jawaban responden sudah disediakan)

  • Observasi

Obrservasi merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang tidak hanya mengukur sikap dari responden (wawancara dan angket) namun juga dapat digunakan untuk merekam berbagai fenomena yang terjadi (situasi, kondisi).

  • Wawancara

Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap nara sumber atau sumber data.

Wawancara terbagi menjadi dua:

1. Wawancara terstruktur. peneliti telah mengetahui dengan pasti apa informasi yang ingin digali dari responden sehingga daftar pertanyaannya sudah dibuat secara sistematis.

2. Wawancara tidak terstruktur. yaitu peneliti tidak menggunakan pedoman wawancara yang berisi pertanyaan yang akan diajukan secara spesifik, hanya memuat poin penting masalah yang ingin digali lebih dalam saja.

Sekian informasi mengenai pengertian data, berikut pendapat ahli soal definisi data, fungsi data dan jenis data. Semoga apa yang kami sampaikan di blog Guru Pengajar ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *