Definisi Drama : Pengertian, Struktur, Jenis

Posted on

Drama Adalah – Semasa duduk di bangku sekolah mungkin Anda pernah mengenal drama, atau bahkan akrab sekali dengan drama. Materi ini memang sering diajarkan dalam sekolah. Drama bisa menjadi pertunjukan yang menarik dan menghibur banyak orang.



Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas pengertian drama. Kami akan menyampaikan lebih jauh mengenai definisi drama. Sehingga Anda bisa mengetahui dengan jelas apa itu drama. Sebagai referensi kami juga akan menyampaikan pengertian drama menurut para ahli, sejarah drama, jenis drama, unsur drama hingga manfaat drama. Berikut adalah pembahasan selengkapnya.

drama adalah

Baca juga: Contoh Puisi Tentang Ibu

Pengertian Drama

Drama berasal dari Bahasa Yunani ‘dromai’ yang berarti berbuat, bertindak dan bergerak melakukan aksi sesuai naskah. Secara umum drama adalah suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog, yang tujuannya adalah untuk dipertunjukkan oleh aktor.

Pementasan drama biasa dikenal dengan istilah teater. Drama juga dapat dikatakan sebagai cerita dalam naskah yang diperagakan dalam panggung. Secara umum drama memiliki dua makna, yakni makna sempit dan luas.

Dalam arti sempit drama adalah sebuah kisah hidup seseorang yang ditampilkan di atas panggung dan ditonton oleh khalayak umum. Sedangkan dalam arti luas drama adalah bentuk tontonan atau pertunjukan yang mengandung cerita yang dipentaskan di depan banyak orang.

Selain itu drama juga bisa diartikan sebagai karangan yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia dalam bertingkah laku yang dipentaskan dalam beberapa babak.

Pengertian Drama Menurut Para Ahli



Terlebih dahulu kita amati pengertian drama menurut para ahli. Ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapat mengenai drama, diantaranya:

Moulton

Menurut Multon drama merupakan kisah hidup yang digambarkan dalam bentuk gerak (disajikan langsung dalam tindakan).

Balthazar Vallhagen

Drama adalah seni yang menggambarkan alam dan sifat manusia dalam gerakan.

Ferdinand Brunetierre



Ferdinand Brunetierre mengemukakan pendapat bahwa drama adalah seni yang dapat melahirkan gerakan dan aksi yang bisa dijadikan pertunjukan.

Budianta

Drama adalah genre sastra yang menunjukkan penampilan fisik secara lisan setiap percakapan atau dialog antar pemimpin di sana.

Tim Matrix Media Literata

Drama merupakan suatu bentuk narasi yang menggambarkan kehidupan dan alam manusia melalui perilaku (akting) yang dipentaskan.

Seni Handayani

Drama menurut Seni Handayani adalah suatu bentuk komposisi berdasarkan dua cabang seni, seni sastra dan seni pertunjukan sehingga drama sendiri dibagi menjadi dua, yakni drama dalam bentuk teks tertulis dan drama dipentaskan.

Anne Civardi

Drama merupakan sebuah kisah yang diceritakan melalui kata-kata dan diperagakan dengan gerakan.

Krauss

Menurut Krauss dalam bukunya ‘Verstehen und Gestalten’, drama adalah suatu bentuk gambaran seni yang datang dari nyanyian dan tarian ibadat Yunani kuno, yang di dalamnya dengan jelas terorganisasi dialog dramatis, sebuah konflik dan penyelesaiannya digambarkan di atas panggung.

Tjahjono

Yang termasuk dalam karya sastra dari drama adalah naskah ceritanya. Sebagai karya sastra, drama mempunyai keunikan tersendiri. Drama dibuat bukan hanya untuk dibaca, namun juga harus memiliki kemungkinan untuk dipentaskan.

Drama sebagai tontonan atau pertunjukan inilah yang sering disebut dengan istilah teater. Sebagai sebuah seni pertunjukan, drama mempunyai sifat ephemeral. Artinya bermula pada suatu malam dan berakhir pada malam yang sama.

E.R Reaske

Drama merupakan sebuah karya sastra atau sebuah komposisi, dengan menggambarkan kehidupan dan aktivitas manusia, berikut segala penampilan, berbagai tindakan dan dialog antar sekelompok tokoh.

Sumarjo

Drama merupakan karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog, dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor.

KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), drama adalah komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (akting) atau dialog yang dipentaskan. Di samping itu drama juga diartikan sebagai cerita atau kisah, terutama yang melibatkan konflik atau emosi, yang khusus disusun untuk pertunjukan teater.

Wikipedia

Drama adalah genre karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Drama menggambarkan realita kehidupan, tingkah laku dan watak manusia lewat peran dan dialog yang dipentaskan.

Sejarah Drama Singkat

Drama sudah dijadikan tontonan sejak nenek moyang bahkan hingga sekarang banyak yang meminatinya. Nenek moyang melakukan pertunjukan ini sejak beberapa abad silam. Ada bukti tertulis bahwa drama sudah ada sejak abad ke-5 SM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *