Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Ekonomi – Ekonomi merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat banyak. Ekonomi sangat erat kaitannya dengan kebutuhan hidup kita sehari-hari. Baik kebutuhan akan makanan dan minuman, serta lain sebagainya.



Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar ekonomi, berikut pendapat para ahli. Selain itu kami juga akan menjelaskan apa saja prinsip dalam ekonomi dan juga macam-macam kegiatan ekonomi. Langsung saja kita awali dari definisi ekonomi.

Pengertian Ekonomi

Ekonomi adalah segala upaya dan daya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya untuk mencapai suatu tingkatan kemakmuran. Samuelson menjelaskan bahwa cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya tertentu. Oleh manusia sumber daya itu diolah menjadi suatu barang dan didistribusikan kepada masyarakat luas.

Ekonomi juga bisa diartikan sebagai cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang aktivitas manusia yang muncul karena adanya keterbatasan untuk mencapai tujuan tertentu.  Ekonomi berasal dari bahasa Yunani kuno yakni ‘oikos’ dan ‘nomos’ yang berarti pengelolaan rumah tangga.

Ekonomi dibahas secara khusus dan mendalam dalam ilmu ekonomi yang mencakup beberapa bidang, seperti sosiologi, sejarah, antropologi dan geografi. Di dalam ilmu ekonomi juga terdapat ilmu terapan seperti perdagangan, distribusi, jual-beli dan lain-lain.

pengertian ekonomi

Baca juga: Masyarakat Ekonomi ASEAN

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

  • Abraham Maslow

Menurut Abraham Maslow yang merupakan psikolog humanis, teoritikus, pemikir, dan inspirato dalam teori-teori kepribadian yang telah menyelesaikan studinya di Cornell University, ekonomi adalah suatu bidang ilmu yang berfungsi untuk menyelesaikan masalah di kehidupan manusia dengan cara meningkatkan sumber-sumber ekonomi berdasarkan teori dan prinsip ekonomi secara efektif dan efisien.

  • Adam Smith

Sedangkan menurut tokoh filsuf politik dan ekonomi, Adam Smith mempunyai pandangan tersendiri. Adam Smith yang merupakan tokoh beralliran ekonomi klasik mengemukakan pendapatnya tentang ekonoi klasik dan pasar bebas di era modern sehingga membuka mata masayrakat tentang dunia perekonomian. Menurutnya ekonomi adalah suatu kegiatan berupa penyelidikan dan penelitian tentang kondisi, sebab dan asal-usul kekayaan suatu negara.



  • Hermawan Kartajaya

Menurut pakar bidang pemasaran, Hermawan Kartajaya, ekonomi erat kaitannya dengan industri. Ekonomi inilah yang menjadi tempat melekatnya sektor industri sehingga industri berkembang dan tersebar di dunia.

  • Paul Anthony Samuelkon

Paul Anthony Samuelkon adalah seorang ekonom bergelar doktor dari Universitas Harvard. Ia berhasil memperoleh nobel lantaran jasanya di bidang ekonomi atas teori yang telah disusunnya, yakni teori statis dan dinamis. Menurutnya ekonomi adalah suatu metode yang dipakai oleh seseorang maupun kelompok untuk memanfaatkan sumber supaya memperoleh berbagai komoditas dan produk sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat.

  • Aristoteles

Aristoteles juga mempunyai pandangan tersendiri mengenai ekonomi. Tokoh yang terkenal berkat jasanya di bidang filsafat, hukum, sains hingga ekonomi itu mengatakan bahwa ekonomi merupakan sebuah suatu bidang ilmu yang berfungsi untuk menyelesaikan masalah di kehidupan manusia dengan cara meningkatkan sumber-sumber ekonomi berdasarkan teori dan prinsip ekonomi secara efektif dan efisien.

  • Von Neumann dan Mogenstern

Kedua tokoh ini terkenal berkat jasanya di bidang ekonomi. Menurut mereka, ekonomi adalah cabang ilmu yang wajib diperlakukan atau digunakan secara ilmiah. Ekonomi sudah banyak dibahas dan diselidiki oleh para ahli, terutama mengenai solusi-solusi yang bisa diterapkan untuk mengatasi yang terjadi pada suatu masa yang berhubungan dengan ekonomi itu sendiri.

  • Khursid Ahmad

Khursid Ahmad adalah tokoh ekonom yang juga merupakan penulis dan aktivis Islam. Ia berjasa dalam pengembangan Yurisprudensi Ekonomi Islah sebagai sebuah disiplin di bidang akademis.

Menurut Khursid Ahmad, ekonomi adalah sebuah usaha nyata yang memahami permasalahan di bidang perekonomian dan seluruh perilaku manusia dalam masalah tersebut berdasarkan pandangan Islam. Dengan cara tersebut masalah-masalah menjadi lebih tersistematis.



  • Laurence A. Manullang

Laurence A. Manullang mempunyai pendapat tersendiri mengenai pengertian ekonomi. Menurutnya ekonomi merupakan studi yang membahas segala aktivitas yang dilakukan masyarakat sebagai usaha untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran itulah yang merupakan tujuan dari kegiatan ekonomi dengan cara pemenuhan kebutuhan dalam bentuk jasa maupun barang.

  • Alfred Marshall

Menurut Alfred Marshall yang merupakan seorang ahli ekonomi berkebangsaan Inggris, ekonomi adalah suatu cabang keilmuan yang berfungsi untuk mempelajari segala kehidupan manusia sehari-hari yang berhubungan dengan bidang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *