Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

b. Mempunyai 3 Struktur Vegetasi yang Dominan dalam Skala Luas



Ekosistem daratan merupakan gambaran interaksi dari makhluk hidup dengan lingkungannya secara umum. Sehingga beberapa ekosistem daratan tidak hanya mencakup daerah yang sempit saja, namun juga mencakup wilayah yang luas. Maka dari itu ekosistem daratan juga dikenal sebagai bioma.

c. Ditinggali Tumbuhan dan Hewan yang Beradaptasi di Wilayah Daratan

Pada ekosistem daratan beberapa jenis tumbuhan dan hewan beradaptasi pada wilayah tersebut. Pasalnya daratan sudah menjadi habitat dari flora dan fauna tersebut.

  • Ciri-Ciri Ekosistem Laut

Ekosistem laut merupakan jenis ekosistem akuatik yang sudah didominasi oleh nilai konsentrasi garam yang cukup tinggi. Biota laut yang mendiami ekosistem ini mencakup hewan bersel satu, invertebrata, mamalia dan beranekaragam tanaman laut seperti terumbu karang ataupun rumput laut. Di samping itu ada ciri-ciri khusus dari ekosistem laut, yakni:

1. Ekosistem laut memiliki variasi suhu, yaitu perbedaan suhu di antara bagian permukaannya dengan bagian dalam laut atau kedalaman air laut.

2. Memiliki tingkat salinitas atau tingkat keasinan dan kadar garam yang larut di dalam air laut yang cukup tinggi, bahkan hingga semakin mendekati garis khatulistiwa maka tingkat salinitasnya akan semakin tinggi.



3. Tidak akan terlalu dipengaruhi oleh keadaan iklim dan juga cuaca.

4. Didominasi oleh NaCl atau garam sampai mencapai 75%.

Jenis Ekosistem

  • Ekosistem Darat

Ekosistem darat adalah ekosistem yang sebagian besar faktor lingkungannya didominasi oleh daratan. Ekosistem darat berada di area yang lebih luas atau bisa disebut dengan bioma. Tipe bioma sendiri dipengaruhi oleh iklim yang ada. Sementara iklim dipengaruhi oleh letak geografis yang berada di dalam garis lintang dan ketinggian tempat di permukaan laut.

Ada 7 jenis bioma yang ada di daratan. Berikut adalah penjelasan masing-masing jenis ekosistem darat.

1. Hutan tropis

Hutan hujan tropis ini berada di garis khatulistiwa, seperti yang terdapat di dalam lembah amazon, Amerika Selatan, Asia Tenggara (yaitua Indonesia, Malaysia, dan Thailand), dan lembah sungai Kongo.



2. Padang rumput

Biasanya padang rumput berada di daerah tropis yang memiliki iklim yang sedang. Misalnya di Hongaria, Amerika Selatan, Australia, dan Rusia Selatan. Sedangkan di negara kita Indonesia padang rumput ini adanya di Nusa Tenggara. Hewan yang biasanya hidup di padang rumput diantaranya yaitu reptil, kanguru, burung, kijang, singa, cheetah, dll.

3. Savana

Savana atau yang kita kenal juga dengan sabana adalah padang rumput yang diselingi oleh pepohonan. Sabana juga biasanya berada di daerah tropis seperti misalnya Australia Utara, Nusa Tenggara Timur, Kenya Afrika, dan Nusa Tenggara Barat.

  • Ekosistem Sawah

Ekosistem sawah merupakan salah satu jenis ekosistem buatan yang ada di daratan. Akan tetapi tidak semua daratan bisa diubah menjadi ekosistem persawahan. Sebab ekosistem ini mempunyai ciri khas yang dibuat oleh komponen tertentu, yakni abiotik dan biotik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.