Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

1. Komponen abiotik



Unsur-unsur alam yang menjadi penyusun ekosistem sawah dapat dikendalikan oleh manusia, sedangkan yang lainnya dipengaruhi oleh alam. Faktor abiotik sebagai penyusun ekosistem sawah diantaranya yaitu :
a. Cahaya
b. Tanah
c. Air

2. Komponen biotik

Unsur biotik yang dapat kita temukan di ekosistem sawah diantaranya yaitu :
a. Tumbuhan primer
b. Tumbuhan sekunder
c. Hewan

  • Ekosistem Air Tawar

Ekosistem air tawar adalah ekosistem akuatik yang mempunyai konsentrasi garam yang rendah. Asal dari ekosistem ini adalah sumber mata air yang ada di bawah tanah. Menurut produksi materi organiknya, ekosistem air tawar bis dibagi menjadi dua, yakni:

1. Danau oligotropik

Oligortopik ini merupakan sebutan atas danau yang dalam tetapi kekurangan makanan, karena fitoplankton yang ada di daerah limnetik tidak produktif.



2. Danau eutropik

Sedangkan eutropik adalah sebutan dari danau yang dangkal dan memiliki kandungan makanan yang cukup kaya. Hal itu dikarenakan oleh fitoplanktonnya sangat produktif, kebalikan dari danau oligotropik.

  • Ekosistem Sungai

Ekosistem sungai merupakan lingkungan yang meliputi kawasan atau daerah sungai. Ekosistem sungai mencakup sepanjang wilayah sungai yang berawal dari hulu sungai, badan sungai, hilir sungai hingga muara sungai.

Sepanjang aliran sungai inilah yang dimaksud dengan ekosistem sungai. Ekosistem ini juga termasuk ke dalam jenis ekosistem air tawar. Di hampir setiap wilayah Indonesia terdapat ekosistem sungai. Beberapa sungai yang terkenal dan menjadi ekosistem sungai terbesar adalah Sungai Mahakam, Kapuas, Musi dan lain sebagainya.

  • Ekosistem Hutan

Ekosistem ini merupakan jenis ekosistem yang paling penting keberadaannya di bumi. Ekosistem hutan berhubungan dengan beberapa populasi yang hidup di permukaan tanah dan berada di kawasan hutan. Ekosistem hutan membentuk suatu kesatuan ekosistem yang berada di dalam keseimbangan yang dinamis.



Ekosistem hutan termasuk dalam jenis ekosistem alamiah. Ekosistem ini juga sering disebut sebagai paru-paru bumi. Sebab hutan mempunyai peran sangat penting dalam mengatur dan menjaga kelestarian kehidupan di muka bumi. Hutan juga sering dijadikan parameter untuk melihat apakah bumi sedang dalam keadaan sakit atau tidak.

  • Ekosistem Danau

Ekosistem ini bisa masuk dalam ekosistem buatan atau alamiah. Ekosistem danau adalah jenis ekosistem yang meliputi keseluruhan atau lingkup danau dan sekitarnya. Untuk diketahui, danau adalah cekungan yang terdapat di permukaan bumi. Secara garis besar bisa dikatakan bahwa ekosistem danau adalah hubungan dari beberapa populasi.

Populasi tersebut hidup di suatu cekungan yang berisi air yang ada di permukaan bumi. Dan populasi tersebut berinteraksi satu sama lain. baik secara langsung maupun tidak.

Baca juga: Teori Kehidupan Maslow

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian ekosistem. Besar harapan kami artikel yang kami sajikan di atas memberikan manfaat untuk Anda. Bisa menambah wawasan kepada Anda ataupun bisa menjadi referensi untuk Anda yang penasaran dengan segala hal yang berkaitan dengan ekosistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published.