Apa Itu Etika : Pengertiannya Secara Umum

Posted on

Definisi Etika – Pengertian etika secara umum adalah suatu norma atau aturan yang digunakan sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat  yang berkaitan dengan sifat baik dan buruk.



Ada pula yang mengatakan bahwa pengertian etika adalah sebuah ilmu tentang kesusilaan dan perilaku manusia di dalam pergaulannya dengan sesama yang melibatkan prinsip dan aturan tentang tingkah laku yang benar. Atau dengan kata lain, etika adalah kewajiban dan tanggungjawab moral masing-masing individu dalam berperilaku di masyarakat.

Secara etimologis, kata etika berasal dari bahasa Yunani kuno, yakni “Ethikos” yang berarti muncul dari suatu kebiasaan. Dalam hal ini etika mempunyai sudut pandang normatif yang dimana objeknya adalah manusia dan perbuatannya.

Pengertian Etika Menurut Para Ahli

etika

Baca juga: Pengertian Komunikasi

Supaya memudahkan anda dalam memahami arti etika, maka kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli. Adapun pengertian etika menurut para ahli adalah sebagai berikut :

  1. Soergada Poerbakawatja

Pengertian etika menurut Soergada Poerbakawatja adalah suatu ilmu yang memberikan arahan, pedoman, dan pijakan kepada suatu tindakan manusia.

  1. H. A. Mustafa

Pengertian etika menurut H. A. Mustafa adalah sebuah ilmu yang menyelidiki terhadap suatu perilaku yang baik dan buruk dengan cara memperhatikan perbuatan manusia sejauh apa yang diketahui oleh akan serta pikiran manusia.



  1. K. Bertens

Pengertian etika menurut K. Bertens adalah nilai dan norma moral yang menjadi sebuah pedoman bagi umat manusia baik secara individual atau kelompok dalam mengatur semua tingkah lakunya.

  1. DR. James J. Spillane SJ

Pengertian etika menurut DR. James J. Spillane SJ adalah memperhatikan perilaku manusia di dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan mengarah. Etika cenderung mengarah ke penggunaan akal budi dengan objektivitas guna menentukan benar atau salahnya serta tingkah laku seseorang terhadap lainnya.

  1. Drs. H. Burhanudin Salam

Pengertian etika menurut Drs. H. Burhanudin Salam adalah suatu cabang ilmu filsafat yang membahas perihal suatu nilai-nilai dan norma yang bisa menentukan suatu perilaku manusia ke dalam kehidupannya.

  1. W. J. S Peorwadarminto

Pengertian etika menurut W. J. S Poerwadarminto adalah ilmu pengetahuan tentang suatu perilaku atau perbuatan manusia yang dilihat dari sisi baik dan buruknya yang sejauh mana bisa ditentukan oleh akal manusia.

  1. Aristoteles

Pengertian etika menurut Aristoteles dibedakan menjadi dua macam pengertian yakni Terminius Technicus dan Manner ans Cutom. Terminius Technius merupakan sebuah etika yang dipelajari sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang problema tindakan manusia.

Sedangkan Manner and Cutom merupakan sebuah pembahasan etika yang berkaitan dengan tata cara dan adat istiadat yang melekat dalam diri manusia. Berkaitan dengan sifat “baik & burunknya” suatu perilaku, tingkah, atau perbuatan manusia.



Leave a Reply

Your email address will not be published.