Apa Itu Flowchart : Pengertian, Definisi, Fungsi

Posted on

Pengertian Dan Fungsi Flowchart – Anda pastinya pernah mendengar istilah flowchart. Akan tetapi masih banyak yang belum memahami apa itu flowchart.

Sebagai gambaran, dalam membangun sebuah sistem ada banyak tahapan yang perlu diperhatikan. Contohnya adalah perancangan sistem. Sebelum rancangan sistem tersebut dibuat menjadi program, kita perlu membuat rancangan logis dari sistem itu. Nah sarana yang bisa membantu merancang desain logis tersebut adalah flowchart.



Dengan menggunakan flowchart, kita bisa menguraikan setiap aktivitas-aktivitas yang terjadi dalam sistem tersebut. Untuk membuat flowchart, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Flowchart memiliki beberapa simbol yang memiliki definisi tersendiri mengenai masukan, proses atau keluaran dari sistem.

Tidak ada ketentuan tersendiri untuk merancang suatu flowchart. Kita hanya perlu mengetahui kapan dan di mana simbol tersebut dapat dipakai. Hal ini bertujuan supaya orang lain bisa membaca dan memahami flowchart tersebut secara jelas.

Pada artikel ini kami akan membahas lebih jauh mengenai pengertian flowchart. Selain itu kami juga akan memaparkan mengenai fungsi flowchart, simbol-simbol flowchart dan lain sebagainya. Kita awali pembahasan kali ini mulai dari definisi flowchart.

Pengertian Flowchart

Flowchart adalah suatu jenis diagram yang merepresentasikan algoritma atau langkah-langkah instruksi yang berurutan dalam sistem. Flowchart juga disebut dengan diagram alir.

Biasanya seorang analis sistem memakai flowchart sebagai bukti dokumentasi untuk menjelaskan gambaran logis mengenai suatu sistem yang akan dibangun kepada programmer. Dengan demikian flowchart bisa membantu untuk memberikan solusi terhadap masalah yang mungkin saja terjadi dalam membangun sistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published.