Pengertian Hipotesis / Hipotesa Menurut Ahli

Posted on

hipotesis adalah

Lantaran rumusan masalah mempertanyakan perihal perbandingan antara dua variabel, maka hipotesis yang dipakai dalam penelitian ini adalah hipotesis komparatif. Ada dua pilihan hipotesis yang dapat disusun oleh peneliti sesuai dengan dasar teori yang ia gunakan, yakni:

Ho: Pendukung club Manchester United memiliki tingkat loyalitas yang sama dengan pendukung club Chelsea



Atau

H1: Pendukung club Manchester United memiliki tingkat loyalitas yang tidak sama (berbeda) dengan pendukung club Chelsea

  • Hipotesis Asosiatif

Hipotesis asosiatif adalah dugaan atau jawaban sementara terhadap rumusan masalah yang mempertanyakan hubungan atau asosiasi antara dua variabel penelitian.

Contoh:

Seorang peneliti ingin mengetahui apakah sinetron berjudul “Anak Jalanan” yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta memengaruhi gaya remaja laki-laki dalam mengendarai motor. Maka peneliti dapat membuat rumusan masalah seperti berikut: Apakah sinetron berjudul “Anak Jalanan” memengaruhi gaya remaja laki-laki dalam mengendarai motor?

Dalam kasus ini variabel yang dipakai adalah variabel jamak. Variabel pertama adalah sinetron berjudul “Anak Jalanan”. Sementara variabel kedua yakni gaya remaja laki-laki dalam mengendarai motor.

Karena rumusan masalah mempertanyakan hubungan antara dua variabel di atas, maka hipotesa yang dipakai adalah hipotesa asosiatif. Ada dua opsi hipotesa yang dapat dibuat oleh peneliti sesuai dengan dasar teori yang ia gunakan, yakni:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *