Tentang HTML : Singkatan Dan Pengertiannya

Posted on

HTML Adalah – Masyarakat zaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya website. Sadar atau tidak website atau situs sangat dekat dengan keseharian kita. Mulai dari untuk keperluan membeli barang secara online, media sosial hingga untuk keperluan mencari suatu informasi.



Berbicara soal website, maka tidak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang HTML. Mungkin sebagian dari Anda sudah pernah mendengar istilah yang satu ini. Akan tetapi apa itu HTML? Untuk menjawab hal tersebut, berikut akan kami bahas mengenai pengertian HTML.

Tidak hanya itu, kami juga akan membahas bagaimana sejarah HTML sampai dengan fungsi dari HTML. Silakan simak artikel kami berikut.

html adalah

Pengertian HTML

HTML singkatan dari Hypertext Mark Up Language. HTML adalah bahasa standar pemrograman untuk membuat suatu website atau situs yang dapat diakses lewat internet. Bisa diartikan bahwa halaman website yang biasa kita lihat di internet disusun atau dibuat dengan memakai bahasa pemrograman HTML.

Kemudian sistem menerjemahkannya sehingga bisa kita pahami dengan mudah. HTML menjadi standar pembuatan website secara luas sehingga laman website bisa ditampilkan pada layar komputer. HTML ini disusun dengan kode atau simbol tertentu yang disimpan dalam sebuah file.

Dari istilah hypertext markup language bisa kita ketahui makna dari HTML. Hypertext adalah suatu metode yang dipakai untuk berpindah laman web ke laman yang lain dengan mengklik suatu tulisan atau simbol yang muncul pada laman website.



Istilah markup pada HTML sendiri diartikan sebagai suatu hal yang dilakukan tag HTML terhadap teks yang ada di dalamnya. Contohnya ketika mengetik suatu teks dengan tanda tag <b>, maka teks tersebut akan muncul sebagai teks dengan huruf tebal atau bold di suatu website.

Simbol atau tag HTML itu ditulis pada laman HTML yang sudah disediakan pada dashboard website pada umumnya. Sedangkan language dalam HTML merupakan bahasa pemrograman atau script yang disusun dari tag-tag tertentu yang nantinya akan diterjemahkan ke dalam teks atau visual yagn bisa dilihat pada website.

singkatan html

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi PHP

Sejarah HTML

Markup language atau yang sekarang dikenal dengan nama HTML pada mulanya diciptakan oleh suatu perusahaan penjual perangkat keras dan lunak, yakni IBM atau International Business Machines. Sekitar tahun 1980 IBM menciptakan sebuah bahasa yang memadukan tag atau simbol dengan teks dalam sebuah dokumen.

Bahasa yang diciptakan oleh IBM itu dikenal dengan nama markup language atau Generalized markup language (GML). Lalu pada tahun 1986, ISO atau International Standard Organization mengeluarkan pernyataan bahwa GML yang selanjutnya diganti menjadi SGML (Standard Generalized Markup Language) ditetapkan menjadi standar dalam membuat berbagai dokumen yang bisa membantu dalam urusan bisnis maupun pekerjaan lainnya.

Pada tahun 1989, Tim Berners Lee dari organisasi European Organization for Nuclear Research (CERN) memiliki ide untuk menciptakan suatu skrip bahasa pemrograman pada suatu dokumen yang kemudian dikenal sebagai HTM. HTML sendiri merupakan bagian dari SGML dan Tim Berners Lee menjadi orang yang menciptakan HTML. Saat ini pemakaian dan pengembangan HTML diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C) dan versi terbaru dari HTML sekarang adalah HTML5, dimana jenis HTML ini mempunyai fitur yang lebih baik dari versi pendahulunya.

fungsi html

Fungsi HTML

Dari pengertian di atas dan sejarah HTML kita bisa mengetahui beberapa fungsi dari HTML. Akan tetapi untuk memperjelas seputar fungsi bahasa pemrograman yang satu ini, kita bisa melihatnya di bawah ini.



  1. Fungsi utama dari HTML adalah untuk membuat suatu halaman website yang dapat dibaca dan dipahami oleh pengguna dengan lebih mudah. Semua laman website yang kita jumpai di internet sebenarnya dibuat dengan bahasa pemrograman HTML.
  2. Menandai teks pada suatu laman. HTML ditulis pada suatu halaman dokumen dengan tag maupun simbol tertentu, dimana simbol dan tag itu akan menandai teks menjadi tebal, miring, bergaris tebal dan lain sebagainya. Contohnya jika ingin membuat teks menjadi miring, maka dalam laman HTML ditulis kode <i> lalu diakhiri </i>. Sedangkan jika ingin membuat tulisan menjadi tebal memakai tag <b> dan diakhiri dengan </b>.
  3. Sebagai dasar website. Situs atau website yang dibuat umumnya mempunyai beberapa fitur yang dibuat dengan memakai java script (untuk mengatur perilaku web), implemetasi bahasa pemrograman server PHP, dan mendesain web menggunakan CSS. Seluruh bahasa pemrograman tersebut bisa diaplikasikan bila web mempunyai bahasa HTML sebagai dasarnya.
  4. Menampilkan tabel, gambar, video dan lain sebagainya. Anda pasti pernah menjumpai website atau suatu blog yang dilengkapi dengan gambar atau video di dalamnya. Semua ini bisa disisipkan pada website dengan memakai HTML.
  5. Menandai elemen dan membuat online form. Dengan bahasa pemrograman HTML kita juga bisa menandai bagian-bagian dalam website. Seperti header, main, footer, navigation dan lain-lain. di samping itu HTML juga dipakai sebagai bahasa dalam membuat suatu online form atau formulir digital.

struktur html

Struktur Dasar HTML

  • Element

Salah satu struktur dasar dari HTML adalah element. Pada struktur ini ada tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi dan penutup. Contohnya untuk menampilkan judul dari sebuah halaman, kita memakai kode HTML berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *