Apa Itu Ideologi : Pengertian Menurut Para Ahli

Posted on

Ideologi secara fungsional merupakan seperangkat gagasan mengenai kebaikan bersama atau tentang masyarakat dan negara yang dianggap paling baik.

Ideologi secara struktural merupakan sistem pembenaran seperti gagasan dan formula politik atas setiap kebijakan dan tindakan yang diambil oleh penguasa



  • W. White

Ideologi adalah cita-cita politik atau doktrin (ajaran) dari sebuah lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang bisa dibeda-bedakan.

  • The American Heritage dan Dictionary of The English Language, Fourth Edition

Ideologi merupakan sekumpulan ide yang mencerminkan kebutuhan-kebutuhan, harapan serta tujuan sosial dari individu, kelompok, golongan atau budaya. Ideologi juga merupakan sekumpulan ajaran atau kepercayaan yang membentuk dasar-dasar politik, ekonomi, dan sistem-sistem yang lain.

  • Random House Unabridged Dictionary

Ideologi merupakan sekumpulan ajaran, cerita suatu bangsa, kepercayaan dan lain sebagainya yang menuntut individu, gerakan sosial, institusi, golongan maupun kelompok yang besar.

  • Prof. Lowenstein

Ideologi adalah suatu penyelarasan atau gabungan pola pikiran dan kepercayaan, atau pemikiran berubah menjadi kepercayaan, penerangan sikap manusia mengenai hidup dan kehadirannya dalam masyarakat dan mengusulkan suatu kepemimpinan dan menyeimbangkannya berdasarkan pemikirannya dan kepercayaan tersebut.

  • Harold H. Titus

Ideologi adalah suatu istilah yang digunakan untuk sekelompok cita-cita tentang berbagai macam masalah politik dan ekonomi yang diselenggarakan dalam suatu rencana sistematis dan dijalankan oleh kelompok atau lapisan masyarakat.

  • Wiliam James

Dalam Buku Varieties of Religious Experience, William James mengartikan ideologi sebagai “A man’s Total View or thought about life” atau hasil pemikiran dan pandangan dari berbagai sudut pandang terhadap sesuatu dalam totalitas yang seseorang bisa.

  • Leibniz

Menurut Leibniz, ideologi sebagai one great system of truth, yakni kesatuan sistem kebenaran yang menakjubkan.

jenis ideologi

Jenis Ideologi

  • Ideologi Kapitalisme

Gagasan utama dalam kapitalisme adalah kebebasan individu untuk melakukan akumulasi kapital individual. Dalam ideologi kapitalisme negara dilarang untuk ikut campur dalam upaya memperkaya diri yang dilakukan oleh seseorang.

  • Ideologi Liberalisme

Gagasan utama dalam liberalisme adalah kebebasan individu dan menjunjung tinggi kesetaraan di dalam masyarakat suatu negara. Hak-hak dasar setiap orang harus dilindungi oleh negara.

  • Ideologi Marxisme

Ideologi Marxisme merupakan hasil pemikiran Karl Marx. Karl Marx membuat suatu teori besar yang berhubungan dengan sistem ekonomi, sistem sosial, dan sistem politik.

  • Ideologi Sosialisme

Gagasan utama dari ideologi sosialisme adalah kesetaraan sosial, dimana pemerintah mempunyai peran dominan atas individu. Dalam ideologi sosialisme tidak ada pengakuan atas hak milik pribadi.

  • Ideologi Nasionalisme

Gagasan utama dari ideologi nasionalisme adalah kesadaran dan semangat cinta tanah air serta bangsa yang ditunjukkan melalui sikap individu dan masyarakat.

  • Ideologi Feminisme

Gagasan utama feminisme adalah perjuangan kesetaraan hak dan tanggungjawab bagi perempuan dalam politik, ekonomi, budaya, ruang pribadi dan ruang publik.

Baca juga: Pengertian Negara

Fungsi Ideologi

Ideologi bisa dipelajari dan diformulasikan sampai dimasukkan dalam tatanan abstrak di dalam pikiran dan jiwa manusia. Ideologi akan menjadi landasan berpikir dan cara pandang manusia dalam menafsirkan dan memahami dunia. Berikut adalah fungsi ideologi bagi sebuah negara:

Leave a Reply

Your email address will not be published.