Iklan Adalah : Tujuan, Ciri Ciri Dan Jenisnya

Posted on

Contoh Iklan – Dalam berbagai usaha pelaku bisnis perlu mencari cara untuk meningkatkan penjualannya. Seiring dengan berkembangnya zaman dan semakin canggihnya teknologi, ada beragam cara yang bisa ditempuh oleh pelaku usaha dalam memasarkan produknya. Yang selalu menjadi senjata andalan adalah iklan.



Anda pastinya sudah tidak asing dengan media pemasaran yang satu ini. Iklan memang menjadi salah satu hal yang sudah lama dikenal oleh masyarakat. Sampai saat ini iklan masih menjadi strategi pemasaran jitu. Hanya saja iklan bertransformasi sesuai dengan zaman.

Maka dari itu pada pembahasan kali ini kami tertarik untuk membahas lebih jauh mengenai pengertian iklan. Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya atau mencari informasi mengenai apa itu iklan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut kami akan sampaikan definisi iklan secara umum, termasuk pengertian iklan menurut para ahli.

Di samping itu juga akan kami paparkan apa saja tujuan iklan, manfaat iklan, ciri-ciri iklan, syarat iklan hingga jenis iklan yang bisa kita temui di dalam kehidupan sehari-hari. Langsung saja berikut penjelasan selengkapnya.

iklan

Pengertian Iklan

Iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi atau lembaga maupun perusahaan yang berisi pesan menarik tentang suatu produk atau jasa yang ditujukan kepada masyarakat luas. Iklan dibuat dengan tujuan untuk membujuk atau mendorong masyarakat sehingga mereka tertarik untuk memakai produk atau jasa yang ditawarkan.

Umumnya iklan dipasang di berbagai media supaya bisa dilihat oleh banyak orang. Media yang dimaksud bisa media offline atau online. Contohnya pada surat kabar, majalah, tabloid, televisi, situs online, media sosial, tempat umum dan lain sebagainya.

Biasanya iklan memuat informasi non personal mengenai suatu produk atau jasa dari perusahaan, merek dan lainnya. Terkadang juga ada kompensasi biaya tertentu dalam iklan tersebut. Semua komunikasi dalam bentuk iklan memiliki tujuan menarik perhatian orang lain untuk membeli atau melakukan sesuatu yang menguntungkan pembuat iklan.



Baca juga: Pengertian Komunikasi

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Ada cukup banyak ahli yang mengemukakan pendapat mengenai pengertian iklan. Akan tetapi kami ambil 4 pendapat yang bisa Anda jadikan referensi tambahan. Berikut adalah beberapa definisi iklan menurut para ahli.

Courtland L. Bovee

Courtland L. Bovee mengartikan iklan sebagai suatu komunikasi non-personal yang biasanya berbayar dan sifatnya persuasif mengenai suatu produk, jasa, atau ide dari sponsor yang dimuat lewat berbagai media.

Kotler

Pengertian iklan menurut Kotler adalah bentuk penyajian dan promosi suatu barang, jasa, dan ide, secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu, dimana untuk penayangannya biasanya harus membayar suatu media.

Rhenald Kasali



Iklan adalah suatu pesan yang menawarkan sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak dengan melalui suatu media.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dalam KBBI dijelaskan bahwa iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.

contoh iklan

Tujuan Iklan

Iklan dibuat dengan maksud dan tujuan tertentu. Secara garis besar tujuan iklan adalah untuk mendorong orang lain supaya tertarik untuk memakai produk atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut. Berikut adalah beberapa tujuan dari iklan.

  • Memberikan informasi kepada masyarakat mengenai suatu produk barang atau jasa, merek, perusahaan maupun suatu ide. Iklan memanfaatkan bahasa persuasif dengan menonjolkan keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Mempengaruhi orang lain yang menjadi target market untuk memakai dan membeli produk maupun jasa yang ditawarkan kepada mereka.

Manfaat Iklan

Selain memiliki beberapa tujuan, iklan juga bisa memberikan beberapa manfaat kepada pemasang iklan. Berikut adalah beberapa manfaat iklan yang didapatkan oleh pengiklan:

  • Produk atau jasa yang diiklankan akan dikenal oleh masyarakat luas.
  • Konsumen baru bisa bertambah banyak. Sehingga iklan bisa meningkatkan angka penjualan produk atau jasa yang diiklankan.
  • Keuntungan pihak pengiklan akan meningkat lantaran penjualan produk atau jasanya yang juga mengalami peningkatan.
  • Meningkatkan brand awareness suatu merek di masyarakat luas sehingga masyarakat mudah mengidentifikasi produknya.

iklan adalah

Ciri-Ciri Iklan

Iklan memiliki ciri-ciri sehingga mudah dikenali oleh banyak orang. Dengan mengetahui karakteristiknya kita bisa mengetahui apakah pesan atau informasi yang kita baca merupakan sebuah iklan atau tidak. Ciri-ciri iklan adalah sebagai berikut:

  • Komunikatif
  • Informatif
  • Bahasanya mudah dimengerti dan diingat masyarakat
  • Menarik perhatian dan bersifat mengajak penonton/pembaca untuk membeli/menggunakan barang atau jasa yang telah diiklankan

Syarat Iklan

Iklan tidak boleh dibuat asal-asalan. Iklan perlu dibuat dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Hal ini bertujuan supaya iklan yang dipasang bisa efektif dan efisien sehingga bisa menguntungkan bagi pengiklan. Ada beberapa syarat supaya iklan bisa dikatakan baik. Berikut adalah syarat-syarat dari iklan:

  • Kata dan bahasanya tertata dan tidak memiliki tafsir ganda.
  • Bahasa yang dipakai menarik dan mudah diingat-ingat oleh masyarakat.
  • Tidak boleh merendahkan atau menghina produk sejenis dari perusahaan lain.
  • Tidak boleh berbohong, harus apa adanya.
  • Iklan harus dibuat dengan memperhatikan tata bahasa, etika, sopan santun, target pasar, dan lain-lain.

contoh iklan

Jenis Iklan

Kini kita masuk dalam pembahasan jenis iklan. Seiring berjalannya waktu jenis iklan mengalami perkembangan dan sangat beragam. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengenal jenis-jenis iklan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *