Pengertian Internet Menurut Ahli Dan Dampaknya

Posted on

Pengertian Internet Menurut Ahli – Di era yang serba modern dan praktis seperti sekarang ini internet sudah menjadi bagian vital dan tak terpisahkan lagi. Berbagai hal yang ada dalam kehidupan kita berhubungan erat dengan internet. Misalnya smartphone, notebook, atau bahkan TV.



Internet merupakan satu hal dengan banyak manfaat. Dengan internet kita bisa berselancar di dunia maya, mencari informasi terkini, belajar tentang hal baru atau mencari konten hiburan dan pendidikan. Bahkan beberapa sekolah, perguruan tinggi atau perusahaan-perusahaan juga memanfaatkan internet untuk memudahkan aktivitasnya.

Karena fungsi dan manfaatnya yang begitu banyak, kami ingin membahas mengenai pengertian internet. Selain itu juga akan kami sampaikan hal-hal yang berhubungan dengan internet. Mulai dari sejarah, fungsi, manfaat dan lain-lain. Berikut penjelasan selengkapnya yang dapat Anda simak.

internet adalah

Pengertian Internet

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lainnya. Untuk diketahui, standar teknologi pendukung yang digunakan secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite yang disingkat sebagai TCP/IP.

TCP/IP adalah protokol pertukaran paket atau yang dalam istilah asingnya Switching Communication Protocol) yang dapat dipakai untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. Sedangkan istilah internetworking adalah cara atau proses dalam menghubungkan rangkaian internet dan penerapan aturannya yang telah disebutkan sebelumnya.

Baca juga: Pengertian Dan Komponen Komputer

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Kita sudah mengetahui definisi internet secara umum. Sebagai tambahan, kita bahas pula pengertian internet menurut para ahli. Ada beberapa pendapat yang bisa kita jadikan tambahan wawasan. Sehingga dengan begitu kita bisa lebih memahami apa itu internet.

  • Onno Purbo

Menurut Purbo (dalam Prihatna, 2005), internet pada dasarnya merupakan suatu media yang dipakai untuk mengefesiensikan proses komunikasi yang dihubungkan melalui berbagai aplikasi semacam Web, VoIP, E-mail.



  • Oetomo

Oetomo menyampaikan pendapat bahwa internet atau yang merupakan singkatan dari international network adalah suatu jaringan komputer yang sangat besar, di mana jaringan komputer itu terdiri dari sejumlah jaringan-jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain.

  • Supriyanto

Internet merupakan suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dengan jaringan di dunia yang memiliki sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda-beda. Di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit yang menggunakan protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

  • Harjono

Menurut pendapat Harjono internet adalah kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan dapat mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang saling berhubungan dan saling terkoneksi satu sama lainnya. Supaya komputer dapat saling terkoneksi satu sama lain, maka dibutuhkan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang dipakai itu bisa menggunakan kabel/serat optik, satelit atau lewat sambungan telepon.

  • Ramdhani

Menurut Ramdhani internet merupakan suatu sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, hingga perorangan.

  • Sibero

Internet atau juga yang merupakan singkatan dari Inter-connected Network adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global.

  • Drew Heywood

Heywood menjelaskan internet adalah istilah teknologi yang muncul mulanya pada akhir tahun 60-an, yaitu pada saat United States Department of Defense (DoD) membutuhkan suatu standar baru dalam melakukan komunikasi Internetworking.



Standar baru ini haruslah merupakan standar yang mampu menghubungkan berbagai jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian atau juga yang ilmiah seperti di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga sanggup dioperasikan pada kondisi minimum akibat bencana maupun perang.

sejarah internet

Sejarah Internet

Pada tahun 1960-an, Departemen Pertahanan Amerika Serikat lewat Advanced Research Projects Agency atau yang disingkat ARPA merintis sebuah sistem jaringan bernama ARPANET. ARPANET inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya internet.

Pada tahun 1980-an baru internet mulai digunakan oleh kalangan terbatas. Internet dipakai untuk menghubungkan berbagai kampus atau universitas yang populer di Negeri Paman Sam.

Protokol standar dari TCP/IP sendiri mulai dipublikasikan ke publik pada tahun 1982. Empat tahun sesudahnya nama domain dipakai oleh pengguna internet, tepatnya di tahun 1984. Sementara itu National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai dikembangkan pada tahun 1986.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *