Jurnal Umum : Pengertian, Fungsi Dan Bentuk

Posted on

Pengertian Dan Fungsi Sebuah Jurnal – Bagi yang sering berkecimpung dalam dunia akuntansi pastinya sudah tidak asing dengan istilah jurnal. Jurnal memang menjadi salah satu hal yang tak terpisahkan dari kegiatan akuntansi.

Perlu diketahui, jurnal dalam akuntansi beragam macamnya. Untuk membuka wawasan baru kepada Anda, akan kami jelaskan mengenai pengertian jurnal. Selain itu juga kami paparkan informasi mengenai macam-macam jurnal, fungsi jurnal hingga manfaat jurnal. Berikut pembahasan selengkapnya yang dapat Anda simak.

jurnal

Pengertian Jurnal

Jurnal adalah catatan yang pertama setelah adanya bukti transaksi sebelum dilakukannya pencatatan dalam buku besar. Pencatatan transaksi ke jurnal dilakukan secara urut per tanggal terjadinya suatu transaksi.



Setiap transaksi nantinya akan dicatat dalam satu rekening yang kemudian didebit dan satunya lagi masuk dalam rekening kredit. Jumlah debit harus selalu sama dengan jumlah kredit. Transaksi dicatat dalam rekening yang bersangkutan beserta jumlahnya. Untuk debit dicantumkan di sebelah kiri, sedangkan untuk kredit diletakkan di bawahnya dan sedikit ke kanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *