Apa Itu Kebudayaan : Pengertian Dan Fungsi

Posted on

Pengertian Kebudayaan – Kebudayaan merupakan salah satu komponen yang melekat dalam kehidupan masyarakat luas. Perlu diketahui bahwa budaya berfungsi sebagai identitas dan ciri khas. Maka dari itu keberadaan kebudayaan dalam suatu masyarakat tergolong penting.



Pada kesempatan ini kami akan membahas lebih dalam seputar kebudayaan. Juga akan kami ulas mengenai pendapat ahli mengenai definisi budaya, unsur kebudayaan, ciri-ciri kebudayaan, wujud, fungsi kebudayaan hingga contoh kebudayaan yang ada di Indonesia.

Pengertian Kebudayaan

Pengertian kebudayaan secara umum sangat beragam. Akan tetapi pada intinya kebudayaan mempunyai arti cara hidup yang dimiliki bersama oleh kelompok masyarakat tertentu.

Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta ‘buddayah’ yang berarti hal-al yang mempunyai budi dan akal manusia.lebih jelasnya budaya bisa diartikan bahwa dengan budi dan akal, manusia dapat melangsungkan kehidupan. Budaya bersifat turun temurun, dari generasi ke generasi lalu diwariskan.

Kebudayaan terbentuk dari banyak unsur dan menyeluruh. Meski tidak ada aturan tertulis, budaya bisa bersifat memaksa sekaligus memberikan pedoman untuk berperilaku supaya kehidupan lebih bermartabat dan bersahaja.

Kebudayaan merupakan hasil dari karya cipta, rasa dan juga karsa manusia. Lingkupnya bisa mencakup banyak aspek dalam kehidupan. Mulai dari hukum, keyakinan, seni, adat, susila, moral dan keahlian. Kehadiran kebudayaan juga bisa mempengaruhi pengetahuan seseorang, ide dan gagasan walaupun berbentuk abstrak.

kebudayaan indonesia

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Definisi kebudayaan dikemukakan oleh beberapa ahli. Mulai dari Ki Hajar Dewantara, Koentjaraningrat, Dr. Mohammad Hatta dan lain sebagainya. Berikut pendapat ahli mengenai apa arti kebudayaan.



  • Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat kebudayaan adalah keseluruhan perilaku dari manusia dan hasil yang diperoleh melalui proses belajar dan segalanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.

  • Ki Hajar Dewantara

Kebudayaan adalah buah budi manusia, yang merupakan hasil dari dua pengaruh besar, yaitu alam dan kodrat masyarakat. Ini juga merupakan sebuah bukti kejayaan kehidupan manusia untuk bisa mengatasi kesulitan di dalam hidupnya agar keselamatan dan kebahagiaan bisa tercapai. Nantinya, sifat tertib dan damai juga akan terlahir dari sini.

Baca juga: Pengertian Etika Menurut Para Ahli

  • Soelaeman Soenardi dan Selo Soemardjan

Menurut dua pakar tersebut kebudayaan merupakan semua hasil karya, cipta, dan rasa dari masyarakat. Karya – karya tersebut menghasilkan teknologi dan kebudayaan berwujud benda dan jasmaniah yang diperlukan oleh umat manusia untuk dapat menguasai alam supaya hasilnya bisa dipakai untuk diabadikan bagi keperluan masyarakat.

  • Dr. Mohammad Hatta

Kebudayaan menurut Dr. Moh. Hatta adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.

  • Parsudi Suparlan

Kebudayaan merupakan semua pengetahuan manusia yang merupakan makhluk sosial yang dipakai untuk dapat memahami dan sebagai interpretasi dari lingkungan dan pengalamannya. Kebudayaan juga digunakan untuk landasan dalam bertingkah laku.

  • Haji Agus Salim

Kebudayaan bisa diartikan sebagai persatuan dari istilah budi dan daya agar menjadi makna satu jiwa yang tidak dapat dipisah – pisahkan.



  • Effat Al–Syarqawi

Menurutnya, arti dari kebudayaan merupakan sebuah khazanah sejarah bangsa yang dicerminkan pada pengakuan dan nilai – nilai di dalamnya, yakni nilai–nilai yang dapat menggariskan sesuatu untuk kehidupan, tujuan ideal, dan makna secara rohaniah yang dalam, serta bebas dari ruang dan waktu.

  • Harjoso

Harjoso menguraikan arti kebudayaan menjadi beberapa poin, seperti berikut ini:

– Kebudayaan dalam masyarakat memiliki perbedaan dari yang satu ke yang lainnya
– Kebudayaan diteruskan dan bisa diajarkan
– Kebudayaan dapat diuraikan menjadi komponen biologis, psikologis, dan sosiologis dari keberadaan manusia
– Kebudayaan memiliki struktur dan cara tertentu
– Kebudayaan bisa dibagi atas aspek – aspek sosial dan psikologis
– Kebudayaan memiliki sifat yang dinamis
– Nilai pada kebudayaan mempunyai sifat yang relatif, dari satu masyarakat ke masyarakat yang lain bisa berbeda – beda.

kebudayaan bali

Unsur Kebudayaan

Kebudaan secara keseluruhan mempunyai unsur-unsur tertentu. Menurut C. Kluckhohn kebudayaan mempunyai unsur bahasa, sistem kepercayaan, ilmu pengetahuan, sistem teknologi, sistem kemasyarakatan, sistem ekonomi dan kesenian. Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Unsur Bahasa

Bahasa merupakan cara ucap manusia, pengucapan yang elok merupakan salah satu elemen yang sudah menjadi tradisi. Lalu diturunkan terus menerus sehingga antar manusia di suatu kelompok atau daerah atau bangsa bisa menjalin komunikasi dengan cara mereka sendiri. Bahasa juga dipakai untuk mengadaptasi tradisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *