Pengertian Kepemimpinan Atau Leadership

Posted on

Kepemimpinan Atau Leadership– Dalam kehidupan berkelompok atau bermasyarakat kita tidak bisa terpisah dari kepemimpinan. Contoh sederhananya adalah keluarga, dimana di dalam keluarga ada seorang suami atau ayah yang berperan sebagai kepala rumah tangga. Lalu dalam lingkup kota atau kabupaten juga ada walikota atau bupati yang berperan memimpin wilayahnya, begitu seterusnya.



Karena sangat erat dalam kehidupan kita, maka memahami kepemimpinan merupakan hal yang perlu kita lakukan. Cara paling sederhana adalah dengan membaca pengertian kepemimpinan.

Dalam kesempatan ini kami akan menyampaikan materi seputar definisi kepemimpinan kepada Anda. Selain itu juga akan kami sampaikan berbagai hal yang berhubungan dengan kepemimpinan.

Seperti pengertian kepemimpinan menurut para ahli, tujuan kepemimpinan, fungsi kepemimpinan hingga contoh kepemimpinan. Seperti biasa, kita awali pembahasan ini dari pengertian kepemimpinan terlebih dulu.

kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah sebuah kekuatan dan kemampuan dalam diri seseorang untuk mempengaruhi orang lain dalam hal bekerja yang tujuannya adalah untuk mencapai target organisasi yang telah ditentukan.

Sementara pemimpin adalah seseorang yang mendapat kepercayaan sebagai ketua atau kepala dalam sistem di sebuah organisasi ataupun perusahaan.

Baca juga: Apa Itu Kebudayaan?

Dalam berbagai macam aspek, kepemimpinan menjadi hal yang krusial di suatu organisasi. Dua konsultan pengembangan diri, Jack Zenger dan Joseph Folkman menerbitkan hasil penelitian yang mereka hubungkan dengan kemampuan yang harus dimiliki oleh pemimpin.



Kemampuan atau skill ini nantinya akan membuat para pemimpin sukses dalam semua bidang organisasi, tak terkecuali dalam bisnis.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Sebenarnya pengertian kepemimpinan tidak hanya sebatas yang kami sebutkan di atas. Maka dari itu kami sertakan pula beberapa pendapat ahli mengenai definisi kepemimpinan. Sehingga informasi ini bisa Anda jadikan referensi tambahan dalam memahami arti kepemimpinan.

  • Wahjosumidjo (1987:11)

Wahjosumidjo mengemukakan pendapat bahwa definisi kepemimpinan adalah kemampuan yang ada dalam diri seorang pemimpin yang berupa sifat-sifat tertentu, seperti kepribadian (personality), kemampuan (ability) dan kesanggupan (capability).

Kepemimpinan adalah rangkaian aktivitas pemimpin yang tidak bisa dipisahkan dengan kedudukan, gaya dan perilaku pemimpin tersebut, termasuk interaksi antara pemimpin, pengikut dan situasi.

  • Sutarto (1998b:25)

Sutarto mengartikan kepemimpinan sebagai rangkaian aktivitas penataan berupa kemampuan seseorang dalam mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu supaya bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

  • S. P. Siagian

Definisi kepemimpinan menurut S. P. Siagian adalah kemampuan dan keterampilan seseorang saat menjabat sebagai pimpinan dalam suatu organisasi untuk mempengaruhi perilaku orang lain, khususnya bawahannya supaya berpikir dan bertindak sedemikian rupa sehingga dapat memberikan sumbangan nyata dalam pencapaian tujuan organisasi.



  • Moejiono (2002)

Pengertian kepemimpinan menurut Moejiono adalah kemampuan dalam memberikan pengaruh satu arah, sebab pemimpin mungkin mempunyai beberapa kualitas tertentu yang membuatnya berbeda dengan pengikutnya.

  • George R. Terry (1972:458)

Menurut George R. Terry kepemimpinan merupakan kegiatan mempengaruhi orang lain yang diarahkan untuk mewujudkan tujuan organisasi.

  • Stoner

Kepemimpinan merupakan sebuah proses mengarahkan dan usaha dalam mempengaruhi kegiatan yang berhubungan dengan anggota kelompok atau organisasi.

  • Jacobs dan Jacques (1990:281)

Menurut Jacobs dan Jacques kepemimpinan merupakan suatu proses memberi arti terhadap usaha kolektif, sehingga ada kesediaan untuk melakukan usaha yang diinginkan untuk mencapai tujuan.

  • Hemhiel dan Coons (1957:7)

Hemhiel dan Coons mengartikan kepemimpinan sebagai perilaku seseorang individu dalam memimpin berbagai aktivitas suatu organisasi atau kelompok dalam mencapai tujuan bersama (shared goal).

  • Ralph M. Stogdill

Ralph M. Stogdill menyampaikan pendapat bahwa kepemimpinan adalah suatu proses memberikan pengaruh terhadap berbagai kegiatan sekelompok orang yang terorganisasi dalam usaha mereka menetapkan dan mencapai target.

Baca juga: Program Kerja Kepala Sekolah

  • Rauch dan Behling (1984:46)

Menurut pendapat Rauch dan Behling, definisi kepemimpinan adalah proses mempengaruhi berbagai aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasikan ke arah pencapaian tujuan.

  • Wexley dan Yuki (1977)

Wexley dan Yuki berpendapat kepemimpinan merupakan kegiatan mempengaruhi orang lain untuk lebih berusaha dalam mengarahkan tenaga dalam tugasnya, atau mengubah perilaku mereka.

pengertian pemimpin

Tujuan Kepemimpinan

Kita sudah membahas mengenai pengertian kepemimpinan, kini kita bahas soal tujuan kepemimpinan. Ada beberapa tujuan kepemimpinan, diantaranya:

  • Sarana untuk Mencapai Tujuan

Salah satu tujuan dari kepemimpinan adalah sebagai sarana penting untuk meraih tujuan. Dengan memperhatikan apakah tujuan tercapai atau tidak dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut, kita bisa mengetahui jiwa kepemimpinan dari seseorang.

  • Memotivasi Orang Lain

Tujuan kepemimpinan selanjutnya adalah untuk membantu orang lain menjadi termotivasi, serta mempertahankan dan meningkatkan motivasi yang ada di dalam diri mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *