Pengertian Kepemimpinan Atau Leadership

Posted on

Dengan kata lain pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat memotivasi pengikut atau bawahannya untuk mencapai tujuan yang diharapkan.



belajar kepemimpinan

Fungsi Kepemimpinan

Selain mempunyai beberapa tujuan, kepemimpinan juga mempunyai beberapa fungsi penting. Hal ini juga tak kalah penting untuk kita ketahui di samping memahami soal pengertian kepemimpinan.

Pemimpin mempunyai fungsi yang sangat penting dalam sebuah organisasi, baik untuk keberadaannya ataupun untuk kemajuan organisasi tersebut. Lebih jelasnya berikut adalah beberapa fungsi kepemimpinan:

  • Fungsi Administratif

Yang dimaksud dalam poin ini adalah pengadaan formula kebijakan administrasi di dalam suatu organisasi. Di samping itu kepemimpinan juga berfungsi menyediakan segala fasilitas yang berkaitan dengan hal tersebut.

  • Fungsi sebagai Top Management

Fungsi sebagai top management merupakan fungsi pemimpin dalam proses aktivitas pembuatan Planning, Organizing, Staffing, Directing, Commanding, dan Controlling.

Selain dua fungsi di atas, kepemimpinan juga mempunyai fungsi lain menurut Hadari Nawawi. Berikut adalah beberapa fungsi tersebut:

  • Fungsi Instruktif

Pemimpin mempunyai peran sebagai komunikator yang bertugas menentukan apa (isi perintah), bagaimana (cara melakukan), bilamana (waktu pelaksanaan), dan di mana (tempat mengerjakan).



Sehingga keputusan bisa diwujudkan secara efektif. Dengan begitu dapat diartikan bahwa orang yang dipimpin bertugas untuk melaksanakan perintah dari pemimpin.

  • Fungsi Konsultatif

Pemimpin memakai fungsi konsultatif sebagai cara berkomunikasi dua arah dalam upaya menetapkan sebuah keputusan yang memerlukan pertimbangan dan konsultasi dari orang yang dipimpinnya.

  • Fungsi Partisipasi

Pemimpin dapat melibatkan anggotanya dalam proses pengambilan keputusan, termasuk dalam melaksanakannya.

  • Fungsi Delegasi

Pemimpin bisa melimpahkan wewenangnya kepada orang lain, contohnya membuat dan menetapkan keputusan. Fungsi delegasi adalah bentuk kepercayaan seorang pemimpin kepada seseorang yang diberikan pelimpahan wewenang untuk bertanggungjawab.

  • Fungsi Pengendalian

Pemimpin dapat melakukan bimbingan, pengarahan, koordinasi dan juga pengawasan terhadap kegiatan para anggotanya.

leadership

Kemampuan yang Wajib Dimiliki Pemimpin

Jack Zenger dan Joseph Folkman menanyakan ke lebih dari 330.000 bos, rekan dan juga bawahan. Pada akhirnya mereka menyimpulkan ada 10 skill utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.



Seperti menginspirasi atau memotivasi, mempunyai integritas dan kejujuran dan lain sebagainya. Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Menginspirasi dan Memotivasi

Pemimpin yang baik dapat menciptakan proyeksi masa depan. Ia akan memberikan gambaran masa depan yang menarik dan jelas serta memotivasi orang lain supaya dapat meraihnya.

Memotivasi dan mendorong rekan tim menjadi tugas utama bagi seorang manajer di suatu perusahaan. Tujuannya supaya apa yang ingin dicapai oleh perusahan bisa tercapai. Ini juga termasuk bisnis yang baru berkembang.

  • Mempunyai Integritas dan Kejujuran Tinggi

Kepemimpinan juga mencakup integritas dan kejujuran yang tinggi. Pemimpin yang melakukan apa yang pernah ia katakan maka akan diikuti oleh rekan atau bawahannya. Dalam beberapa kasus, bawahan atau tim akan menanyakan beberapa pertanyaan krusial.

Merupakan hal yang penting untuk menjawabnya dengan jujur. Meski pada akhirnya mereka tidak menyukai jawaban seorang pemimpin, namun mereka bisa menerima dan melaluinya dengan baik asalkan pemimpin tetap bekerja dengan mereka.

  • Pelajari dan Selesaikan Masalahnya

Seorang pemimpin dipilih, direkrut dan dilatih untuk menuntaskan masalah dan mencari peluang pasar. Kecerdasan bukanlah satu-satunya hal yang dibutuhkan, namun juga kemampuan untuk menganalisis yang baik dan kemampuan lain yang tidak dimiliki oleh rekanan lainnya.

  • Bekerja Supaya Hasilnya Tercapai

Beberapa orang biasanya hanya menonton di belakang dan melihat prosesnya. Akan tetapi seorang pemimpin yang baik akan terjun bersama timnya supaya tujuan organisasi dapat dicapai dengan baik. Seorang pemimpin atau leader mempunyai ketekunan, patuh dan dorongan tinggi supaya targetnya tercapai di waktu yang tepat.

  • Komunikasi yang Bagus

Komunikasi seorang leader dengan timnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Ada yang memanfaatkan teknologi online seperti Skype, email atau blog maupun telepon dan media lainnya.

Sehingga dengan begitu pemimpin dan timnya tidak perlu terlalu sering bertemu untuk mencapai tujuan yang telah dibuat.

Hal yang penting bagi seorang pemimpin adalah tugas selesai dengan baik dan target yang dibuat tercapai. Apapun media komunikasi yang dipakai.

Selain itu ia juga memberikan detail job yang jelas dan terus berkomunikasi dengan tim supaya pekerjaan berjalan dengan benar.

  • Mempunyai Hubungan Erat

Dalam kepemimpinan juga mencakup hubungan antar anggota. Pemimpin harus percaya pada bawahannya, begitu juga sebaliknya. Seorang pemimpin menanggung tanggungjawab yang besar atas pekerjaan timnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *