Apa Itu Komputer : Fungsi, Komponen, Pengertian

Posted on

Pengertian Dan Komponen Komputer – Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan benda yang namanya komputer.  Namun tahukah anda  pengertian komputer? Komputer berasal dari kata Computare yang memiliki arti menghitung. Secara bahasa, komputer diartikan sebagai alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika.



Secara umum, komputer dapat diartikan sebagai seperangkat alat elektronik yang menghubungkan antara satu komponen dengan komponen lainnya sehingga akan menghasilkan informasi yang sebelumnya sudah terlebih dahulu.

Komputer terdiri atas  3 elemen yaitu : Hardware (perangkat keras) seperti Processor, Harddisk, RAM, CPU, dan Motherboard. Software atau perangkat lunak seperti aplikasi-aplikasi dan Sistem Operasi yang akan bekerja sesuai dengan perintah Brainware (pengguna).

sejarah komputer

Baca juga: Pengertian Dan Instalasi Jaringan Komputer

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

  • Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian komputer adalah alat elektronik yang bekerja dan cermat untuk mengolah beberapa macam data seperti data angka, suara, dan gambar.
  • Menurut Robert H Blissmer, pengertian komputer adalah sebuah alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sekaligus, yakni menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output berupa informasi.
  • Menurut V. C Hamacher, pengertian komputer adalah sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat dan bisa menerima informasi input digital, lalu memprosesnya sesuai dengan program yang telah tersimpan di dalam memorinya, dan menghasilkan output dalam bentuk informasi.

Kesimpulan

Pengertian Komputer ialah sebuah alat elektronik yang menerima masukan data, mengolah data dan memberikan hasil keluaran yang berupa informasi, entah itu dalam bentuk gambar, teks, suara maupun video.

fungsi komputer

Fungsi Komputer

1. Data Input

Komputer dapat menerima informasi atau data dari sumber lain. Data tersebut diterima melalui aktivitas di keyboard, mouse, dari komputer lain atau peralatan lainnya.

2. Data Processing

Salah satu fungsi utama komputer adalah untuk melakukan pengolahan data sehingga menghasilkan output, yaitu berupa informasi. Umumnya, data yang diolah di dalam komputer adalah berbentuk teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.



3. Data Output

Fungsi komputer berikutnya adalah untuk menghasilkan output/ informasi setelah melalui proses pengolahan data. Informasi tersebut dapat disajikan melalui monitor, alat printer, dan speaker.

4. Data Storage

Komputer juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data sehingga dapat ditemukan dengan mudah dan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan di dalam memori internal komputer maupun memori eksternal.

5. Data Movement

Fungsi lain dari komputer adalah untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya atau berbagai alat output lainnya.

komponen komputer

Komponen Komputer

Komputer terdiri atas serangkaian komponen yang dapat dibedakan menjadi tiga macam unit yakni unit pemasukan (Input), unit pemrosesan (Process), dan unit pengeluaran (Output).

  1. Komponen INPUT

Komponen input ialah komponen hardware yang memiliki fungsi sebagai pintu masuk tugas-tugas yang akan diberikan pada komputer. Contohnya adalah sebagai berikut :

  • Keybooard adalah salah satu komponen penting komputer yang memiliki fungsi memberikan masukan berupa data alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya. Pada keyboard ini terdapat huruf A sampai Z, angka 0 sampai 9, dan perintah-perintah lainnya.
  • Mouse adalah penghubung antara layar monitor dengan pengguna (user). Dalam pengoperasiannya, mouse akan terlihat sebagai pointer pada layar monitor.
  • Trackpad memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yang berbeda hanya pada bentuknya saja.
  • Pen hanya akan ada ketika layar yang digunakan adalah layar sentuh. Fungsi pen sama seperti mouse. Dalam memberikan perintah cukup menekankan ujung pen pada layar.
  • Komponen yang akan memberikan masukan berupa suara.
  • Untuk dapat memindai gambar yang akan dimasukkan dalam sistem komputer menjadi file digital.
  1. Komponen Proses

Komponen proses adalah komponen yang memiliki fungsi untuk memproses perintah yang diberikan oleh user untuk kemudian ditampilkan pada komponen output.



  • Komponen utama yang berfungsi untuk pemrosesan data
  • Komponen yang akan menjadi tempat semua komponen saling berkaitan. Seperti misalnya hubungan antara komponen INPUT, PROSES, dan OUTPUT.
  • Hard Disk. Tempat untuk menyimpan semua interpretasi yang dibutuhkan oleh komputer yang bersifat permanen. Seperti misalnya sistem operasi komputer.
  • Memori (RAM). Tempat untuk menyimpan segala aktivitas komputer untuk sementara waktu.
  1. Komponen Output

Komponen output adalah komponen yang memiliki fungsi sebagai alat untuk menampilkan informasi dan perintah yang sudah di proses sebelumnya.

  • Komponen yang akan menampilkan proses yang dikerjakan oleh komputer.
  • Alat yang digunakan untuk mencetak data kedalam bentuk hard copy.
  • Alat yang digunakan untuk memberikan output dalam bentuk audio kepada pengguna.

komputer pertama

Sejarah Komputer

Sejarah komputer sangat berhubungan dengan perhitungan artimatika. Pada jaman dahulu, fungsi utama komputer adalah sebagai alat bantu hitung manusia. Seorang pakar matematika asal Inggris yakni Charles Babbage adalah orang pertama di dunia yang berani mengirim surat kepada para ahli di kerjaaan Inggris untuk mengembangkan alat hitung mekanik yaitu komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *