Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Lingkungan Menurut Ahli – Pada artikel ini kami akan membahas lebih dalam mengenai lingkungan. Anda pasti sudah familiar dengan istilah ini. Akan tetapi mungkin masih belum begitu mengerti soal definisi lingkungan dan hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan.



Maka dari itu pada kesempatan ini kami berniat untuk membahasnya. Termasuk memaparkan pengertian lingkungan menurut para ahli. Berikut pembahasan yang dapat Anda pelajari.

Pengertian Lingkungan

Lingkungan adalah suatu kombinasi komponen dari keadaan fisik yang mencakup sumber daya alam. Contohnya air, tanah, mineral, flora, fauna dan lain sebagainya dengan lembaga-lembaga yang mencakup penciptaan manusia sebagai keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik.

Di samping itu lingkungan juga bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.

Lingkungan terdiri dari dua komponen, yakni komponen biotik dan abiotik. Komponen abiotik merupakan semua benda mati seperti udara, tanah, air, iklim, kelembaban, cahaya dan suara. Sedangkan komponen biotik merupakan segala sesuatu yang bernyawa. Meliputi hewan, manusia, tumbuhan dan juga mikro-organisme.

Baca juga: Contoh Gambar Lingkungan Sekolah

Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

  • Darsono

Lingkungan merupakan semua benda dan kondisi, termasuk manusia dan kegiatan mereka yang termasuk dalam ruang di mana manusia dan mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia dan badan-badan hidup lainnya.

  • St Munajat Danusaputra

Lingkungan adalah semua benda dan kondisi termasuk di dalamnya manusia dan aktivitasnya, yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada serta mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan hidup dan jasad renik lainnya.



  • Emil Salim

Lingkungan hidup merupakan semua benda, keadaan, kondisi, dan juga pengaruh yang berada dalam ruangan yang sedang kita tempati dan itu mempengaruhi kehidupan sekitar, baik hewan, tumbuhan, maupun manusia.

  • Otto Soemarwoto

Lingkungan hidup adalah semua benda dan juga kondisi yang ada di dalam ruangan yang sedang kita tempati dan mempengaruhi kehidupan kita.

  • Sambas Wirakusumah

Lingkungan hidup menurut Sambas Wirakusumah adalah semua hal yang mencakup aspek eksternal biologis, dimana organisme yang hidup dan ilmu lingkungan menjadi tempat belajar aspek lingkungan organisme tersebut.

  • Bintarto

Lingkungan merupakan segala hal yang berada di lingkungan kita. Baik itu benda ataupun makhluk hidup yang dapat terpengaruh oleh setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa lingkungan merupakan kesatuan yang mencakup berbagai makhluk hidup dan seluruh komponen di sekitarnya. Komponen lingkungan ini mencakup komponen fisik, kimia, sosial budaya dan komponen-komponen lainnya.

Konsep Lingkungan di Indonesia

Dalam UU No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup diterangkan bahwa lingkungan adalah kesatuan dengan segala sesuatu ruang, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia, dan perilaku, yang mempengaruhi kelangsungan mata pencaharian dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya.



Lingkungan dapat digambarkan sebagai segala sesuatu yang ada di sekitar manusia atau makhluk hidup yang mempunyai hubungan timbal balik dan interaksi kompleks antara komponen satu dengan komponen lainnya.

Lingkungan Alam

Dalam lingkungan terdapat lingkungan alam dan non-alam. Lingkungan alam terdiri dari unsur alamiah dan buatan. Konsep alam sebagai keseluruhan merupakan salah satu dari beberapa pengembangan konsep asli natura. Pengembangan tersebut dimulai dengan pemberian makna tertentu oleh filsuf sebelum Socrates. Sejak saat itu konsep natura terus mengalami perkembangan dalam penggunaannya.

Penggunaan ini terus berlangsung selama munculnya metode ilmiah modern di beberapa abad terakhir. Contohnya adalah karya Isaac Newton yang berjudul “Philosophiae Naturalis Principia Mathematica” atau yang jika diartikan menjadi “Prinsip Matematis Filsafat Alam”.

Menurut Sciences Society, lingkungan alam bisa dibedakan berdasarkan beberapa karakteristik, yakni:

1) Ekologi lengkap. Berfungsi sebagai sistem alami, tanpa intervensi manusia yang besar. Termasuk di dalam unsur ini adalah semua vegetasi, mikro organisme, tanah, batuan, suasana, fenomena alam yang terjadi dalam batas-batas dan sifat mereka.

2) Sumber daya alam universal. Unsur ini meliputi fenomena fisik dimana tidak jelas batas-batasnya, misalnya udara, air, iklim, energi, radiasi, muatan listrik, magnet. Unsur lingkungan hidup jenis ini tidak berasal dari aktifitas manusia.

Unsur Penyusun Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup terdiri dari berbagai kumpulan setiap interaksi dari berbagai unsur yang ada pada suatu lingkungan. Unsur-unsur penyusun lingkungan hidup tersebut sebenarnya bisa dibagi menjadi tiga bagian. Antara lain unsur biotik, unsur abiotik dan unsur sosial. Berikut penjelasan masing-masing unsur tersebut.

  • Unsur Biotik

Unsur biotik adalah unsur atau komponen yang terdiri dari berbagai macam makhluk hidup yang ada di bumi ini atau pada lingkungan tertentu sebagai contoh kecilnya. Contoh dari lingkungan hidup biotik adalah manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme yang hidup di suatu lingkungan.

  • Unsur Abiotik (Non-Biotik)

Unsur abiotik merupakan sebuah tempat atau kondisi di suatu lingkungan yang menjadikannya sebagai penyusun bentuk untuk mendukung terjadinya suatu hal yang dinamakan lingkungan. Contohnya adalah air, tanah, udara, bebatuan dan benda mati lainnya.

  • Unsur Sosial Budaya

Unsur sosial budaya adalah unsur yang terbentuk dari aktivitas sosial dan kebudayaan yang dilakukan oleh manusia. Unsur ini membentuk sebuah sistem yang terdiri dari nilai, gagasan dan keyakinan atas perilaku sebagai makhluk sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *