Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Posted on



Penggunaan ini terus berlangsung selama munculnya metode ilmiah modern di beberapa abad terakhir. Contohnya adalah karya Isaac Newton yang berjudul “Philosophiae Naturalis Principia Mathematica” atau yang jika diartikan menjadi “Prinsip Matematis Filsafat Alam”.

Menurut Sciences Society, lingkungan alam bisa dibedakan berdasarkan beberapa karakteristik, yakni:



1) Ekologi lengkap. Berfungsi sebagai sistem alami, tanpa intervensi manusia yang besar. Termasuk di dalam unsur ini adalah semua vegetasi, mikro organisme, tanah, batuan, suasana, fenomena alam yang terjadi dalam batas-batas dan sifat mereka.

2) Sumber daya alam universal. Unsur ini meliputi fenomena fisik dimana tidak jelas batas-batasnya, misalnya udara, air, iklim, energi, radiasi, muatan listrik, magnet. Unsur lingkungan hidup jenis ini tidak berasal dari aktifitas manusia.

Unsur Penyusun Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup terdiri dari berbagai kumpulan setiap interaksi dari berbagai unsur yang ada pada suatu lingkungan. Unsur-unsur penyusun lingkungan hidup tersebut sebenarnya bisa dibagi menjadi tiga bagian. Antara lain unsur biotik, unsur abiotik dan unsur sosial. Berikut penjelasan masing-masing unsur tersebut.

  • Unsur Biotik

Unsur biotik adalah unsur atau komponen yang terdiri dari berbagai macam makhluk hidup yang ada di bumi ini atau pada lingkungan tertentu sebagai contoh kecilnya. Contoh dari lingkungan hidup biotik adalah manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme yang hidup di suatu lingkungan.

  • Unsur Abiotik (Non-Biotik)

Unsur abiotik merupakan sebuah tempat atau kondisi di suatu lingkungan yang menjadikannya sebagai penyusun bentuk untuk mendukung terjadinya suatu hal yang dinamakan lingkungan. Contohnya adalah air, tanah, udara, bebatuan dan benda mati lainnya.

  • Unsur Sosial Budaya

Unsur sosial budaya adalah unsur yang terbentuk dari aktivitas sosial dan kebudayaan yang dilakukan oleh manusia. Unsur ini membentuk sebuah sistem yang terdiri dari nilai, gagasan dan keyakinan atas perilaku sebagai makhluk sosial.

Yang termasuk dalam unsur sosial budaya adalah perilaku, adat istiadat dan berbagai hasil penemuan yang ditemukan manusia di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai. Contohnya suaka marga satwa atau kebun binatang yang merupakan hasil pengembangan dari hutan buatan manusia.

Dampak Kerusakan Lingkungan

Kerusakan lingkungan terjadi dan bisa diakibatkan oleh alam. Peristiwa alam yang hebat bisa membuat alam di sekitarnya terkena dampak yang signifikan. Sehingga hal ini membuat keseimbangan lingkungan hidup menjadi tergoyah.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh alam:

  • Gunung Meletus

Ketika gunung meletus, gunung akan mengeluarkan lava, lahar dan material padat lain yang berasal dari dalam bumi. Material ini juga terbagi menjadi beberapa sifat. Seperti panas, beruap serta membawa debu-debu vulkanis yang bisa mengganggu kehidupan makhluk hidup di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *