Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Posted on



Dampak dari letusan gunung adalah matinya lingkungan hidup yang ada di wilayah yang dilalui oleh lahar, debu ataupun lava. Di samping itu tanah yang menjadi unsur kehidupan makhluk hidup juga rusak lantaran terbawa aliran lahar.

  • Gempa Bumi dan Tsunami

Gempa bumi merupakan bencana alam yang terjadi akibat pergerakan tanah pada lapisan endogen. Semakin jauh jarak pergeseran yang terjadi, mak semakin besar gempa yang terjadi pada permukaan tanah.



Hal tersebut mengakibatkan kerusakan yang sangat parah di permukaan bumi bagi setiap makhluk hidup. Bila pergeseran lapisan endogen bui ini terjadi di bawah permukaan laut maka bisa memicu terjadinya tsunami.

Akibat bencana tsunami juga tak kalah berbahaya dari gempa bumi. Sebab lingkungan hidup yang ada di laut maupun di daratan bisa rusak.

  • Angin Ribut atau Badai

Bencana selanjutnya adalah angin ribut atau badai. Bencana ini terjadi lanaran adanya perbedaan tekanan yang sangat mencolok pada suatu daerah. Biasanya badai terjadi di daerah yang jauh dari pegunungan.

Perbedaan ini membuat angin bertiup lebih kencang dari biasanya. Sehingga menyebabkan munculnya putaran angin di satu titik sehingga terjadilah badai. Bencana ini mengacu aktivitas makhluk hidup yang tinggal di tempat tersebut. Badai bisa merusak bangunan, sarana umum, tanaman hingga mengganggu penerbangan.

  • Tanah Longsor

Bencana ini sebenarnya dapat dikategorikan sebagai kerusakan yang terjadi lantaran ulah manusia. Akan tetapi dalam beberapa kondisi tanah longsor juga diakibatkan oleh alam. Bencana ini diakibatkan oleh kerusakan struktur tanah yang ada di lingkungan tersebut. Biasanya karena minimnya tanaman dan juga angin yang mengikis terlalu dalam di daerah perbukitan.

Akibat tanah longsor banyak tanaman, tempat tinggal bahkan hingga hewan ternak yang menjadi korbannya. Sarana prasarana di sekitar daerah yang terkena longsor juga bisa terkena imbasnya. Aktivitas manusia juga menjadi terganggu.

  • Banjir

Banjir merupakan salah satu bencana yang rutin terjadi di Indonesia. Bencana ini bisa diakibatkan oleh manusia sendiri ataupun alam. Banjir yang alami terjadi lantaran tanah dan tanaman yang sudah tidak mampu menyerap dan menampung air yang ada. Biasanya banjir terjadi pada saat musim hujan yang terjadi terlalu lebat dan datang terus-menerus.

Akan tetapi untuk banjir yang diakibatkan oleh manusia bisa terjadi meski hujan di lingkungan tersebut tidak terlalu lebat. Hal ini biasanya terjadi lantaran minimnya tanaman akibat penggundulan hutan. Atau juga bisa terjadi lantaran buruknya kualitas tanah yang berfungsi sebagai daerah resapan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *