Otonomi Daerah : Pengertian Dan Dasar Hukum

Posted on

Tujuan Otonomi Daerah Otonomi daerah adalah hal yang sudah tidak asing lagi di telinga. Di bangku sekolah kita pernah diajarkan secara singkat mengenai apa itu otonomi daerah.



Untuk menambah wawasan, kami akan membahas definisi otonomi daerah secara luas. Di samping itu kami sampaikan juga pengertian otonomi daerah menurut para ahli, tujuan otonomi daerah, dasar hukum, prinsip hingga asas otonomi daerah.

otonomi daerah adalah

Pengertian Otonomi Daerah

Regional autonomy atau otonomi daerah adalah kewenangan yang dimiliki oleh daerah tertentu untuk mengurus dan mengatur sendiri hal-hal yang berhubungan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan.

Dilihat dari segi etimologi, otonomi berasal dari bahasa Yunani, yakni ‘autos’ dan ‘namos’ yang berarti sendiri dan aturan. Maka otonomi daerah bisa diartikan sebagai kewenangan untuk mengatur pemerintahan dan kepentingan masyarakat yang dilakukan oleh suatu daerah.

Menurut UU No. 32 tahun 2004, otonomi daerah merupakan wewenang, hak dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri berbagai hal yang berhubungan dengan pemerintahan dan kepentingan masyarakat sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca juga: Sumber Pendapatan Daerah

Pengertian Otonomi Daerah Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui definisi otonomi daerah, mari kita bahas mengenai pengertian otonomi daerah menurut para ahli. Ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapat soal apa itu otonomi daerah.



  • Benyamin Hoesein

Benyamin Hoesein menyatakan bahwa otonomi daerah adalah pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat di bagian wilayah nasional Negara secara informal berada di luar pemerintah pusat.

  • Ateng Syarifuddin

Pengertian otonomi daerah menurut Ateng Syarifuddin adalah kebebasan atau kemandirian yang terbatas dimana kemandirian tersebut terwujud sebagai suatu pemberian kesempatan yang harus dapat dipertanggungjawabkan.

  • F. Sugeng Istianto

Definisi otonomi adalah suatu hak dan wewenang guna untuk mengatur serta mengurus sebuah rumah tangga daerah.

  • Vincent Lemius

Vincent Lemius mengemukakan pendapat bahwa otonomi daerah adalah suatu kebebasan atau kewenangan dalam membuat suatu keputusan politik ataupun administrasi yang sesuai dengan yang ada di dalam peraturan perundang-undangan.

  • Syarif Saleh

Menurut Syarif Saleh otonomi daerah merupakan suatu hak untuk mengatur serta memerintah daerah sendiri, dimana hak tersebut adalah hak yang diperoleh dari suatu pemerintah pusat.

  • Sunarsip

Menurut Sunarsip, otonomi daerah adalah wewenang daerah untuk mengurus dan mengatur segala kepentingan masyarakat menurut prakarsa sendiri yang berlandaskan pada aspirasi masyarakat, sesuai dengan peraturan perundang-undangan.



  • Philip Mahwood

Otonomi daerah menurut Philip Mahwood adalah hak dari masyarakat sipil untuk memperoleh kesempatan serta perlakuan yang sama, baik dalam hal mengekspresikan, berusaha mempertahankan kepentingan mereka masing-masing dan ikut serta dalam mengendalikan penyelenggaraan kinerja pemerintahan daerah.

otonomi daerah

Tujuan Otonomi Daerah

Otonomi daerah diberlakukan karena suatu maksud. Tujuan utama dari otonomi daerah adalah untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat daerah otonom. Selain itu masih ada tujuan lain yang bisa diketahui, antara lain:

  • Tujuan Politik

Pelaksanaan pemberian kewenangan daerah bertujuan untuk mewujudkan proses demokrasi politik lewat partai politik dan DPRD. Dengan adanya otonomi daerah masyarakat setempat diharapkan memperoleh pelayanan yang baik. Juga terciptanya pemberdayaan masyarakat dan sarana prasarana yang layak.

  • Tujuan Administratif

Dilihat dari segi administratif, tujuan otonomi daerah berhubungan dengan pembagian administrasi pemerintahan pusat dan daerah. Termasuk dalam manajemen birokrasi dan sumber keuangan. Pemberian kewenangan daerah juga bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya alam yang lebih efektif dan memberikan peluang kepada warga setempat untuk turut serta dalam menyelenggarakan pemerintahan.

  • Tujuan Ekonomi

Tujuan otonomi daerah yang dilihat dari segi ekonomi adalah untuk mewujudkan peningkatan indeks pembangunan manusia sehingga kesejahteraan masyarakat setempat menjadi lebih baik. Di samping itu penerapan otonomi daerah juga berfungsi untuk meningkatkan daya saing dan kualitas produksi daerah otonom sehingga berdampak nyata pada kesejahteraan masyarakat setempat.

undang undang otonomi daerah

Baca juga: Contoh Bumdes Sukses Dan Gagal

Dasar Hukum Otonomi Daerah

Dalam pelaksanaannya otonomi daerah memiliki dasar hukum yang kuat. Ada beberapa dasar hukum mengenai otonomi daerah. Otonomi daerah mulai diberlakukan di Indonesia berdasarkan Undang-Undang No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. Di tahun 2004 UU No. 22 tahun 1999 ini dinilai tidak sesuai lagi dengan perkembangan ketatanegaraan, keadaan dan tuntutan penyelenggaraan otonomi daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *