Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara

Posted on

Makna Lambang Pancasila – Berbicara mengenai pancasila, sebagai rakyat Indonesia pastinya anda sudah tidak asing lagi dan pasti sering mendengar kata Pancasila. Namun, tahukah anda pengertian dari Pancasila? Pengertian pancasila secara umum adalah suatu ideologi dan dasar negara Indonesia yang menjadi landasan dari semua keputusan bangsa dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Atau dengan kata lain, Pancasila merupakan dasar dalam mengatur pemerintahan negara Indonesia yang selalu mementingkan semua komponen di seluruh wilayah Indonesia.

Secara Etimologi, “Pancasila” ini terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Sansekerta India (Kasta Brahmana), yakni kata “Panca” yang memiliki arti Lima, dan “Sila” yang memiliki arti Dasar. Jadi pengertian Pancasila secara hafiah yaitu Lima Dasar.

Pancasila sendiri dicetuskan oleh para pendiri bangsa Indonesia supaya kita memiliki pondasi yang kuat dalam menjalankan pemerintahan. Maksudnya adalah dengan adanya Pancasila maka Indonesia mempunyai dasar atau pondasi dalam bernegara sehingga tidak akan mudah dipengaruhi dan dijajah oleh negara lain.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *