Pengertian Pasar Dan Jenisnya Lengkap

Posted on

1. Terdapat calon pembeli dan penjual.



2. Terdapat jasa ataupun barang yang hendak untuk diperjualbelikan.

3. Terdapat proses permintaan serta penawaran oleh kedua pihak.

4. Terdapat interaksi diantara pembeli dan penjual baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

Klasifikasi Pasar

pasar tradisional

Pasar Tradisional

Pasar tradisional merupakan suatu tempat dimana tempat itu merupakan bertemunya para penjual dan pembeli serta terjadinya transaksi jual-beli secara langsung. Umumnya juga terjadi proses tawar-menawar dalam pasar ini.

Bangunan pasar tradisional biasanya berupa los, kios atau gerai dengan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual atau dari pengelola pasar. Kebanyakan pasar tradisional menjual beragam barang kebutuhan masyarakat sehari-hari, jawa dan lain sebagainya.



Hingga saat ini pasar tradisional masih bisa ditemui di hampir setiap kota di Indonesia. Beberapa pasar tradisional yang terkenal adalah pasar Klewer di Solo, pasar Beringharjo di Yogyakarta, dan daerah-daerah yang lainnya. Pasar-pasar tersebut tetap bisa bertahan meski ada banyak pasar modern yang hadir di Tanah Air.

Pasar Modern

Pasar modern pada dasarnya tidak berbeda dari pasar tradisional. Hanya saja pasar ini biasanya terdapat penjual dan pembeli yang tidak bertransaksi secara langsung. Konsumen atau pembeli cukup melihat label harga yang ada di dalam barang tersebut. Pelayanannya juga dilakukan secara mandiri atau swalayan, meski juga tetap dilayani oleh pramuniaga.

Barang-barang yang ditawarkan bermacam-macam, meliputi makanan, baju, sembako dan lain sebagainya. Contoh dari pasar modern adalah minimarket, pasar swalayan atau supermarket dan lain-lain.

Jenis-Jenis Pasar

pasar kaget

Pasar bisa dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk kegiatan, cara bertransaksi, menurut waktu dan jenis barang yang dijual. Berikut penjelasan selengkapnya yang bisa Anda baca.

Jenis Pasar Menurut Bentuk Kegiatannya

Menurut kegiatannya, pasar dibagi menjadi dua, yakni pasar nyata dan pasar tidak nyata. Pasar nyata adalah tempat dimana ada banyak jenis barang yang dijual dan bisa dibeli oleh masyarakat. Contohnya adalah pasar tradisional atau swalayan.



Sedangkan pasar abstrak merupakan pasar dimana terdapat para pedagang yang tidak menawar berbagai jenis barang yang dijual serta tidak membeli secara langsung, namun hanya menggunakan surat dagangan saja. Contoh dari pasar abstrak adalah pasar online, pasar modal, pasar valuta asing, dan pasar saham.

Jenis Pasar Menurut Cara Transaksinya

Menurut cara transaksinya, pasar bisa digolongkan menjadi dua macam. Yaitu pasar tradisional dan pasar modern.

Pasar tradisional merupakan pasar yang memungkinkan penjual dan pembeli melakukan transaksi jual-beli maupun tawar-menawar secara langsung. Barang yang dijual bermacam-macam, biasanya merupakan kebutuhan pokok sehari-hari.

Sedangkan pasar modern merupakan pasar yang sifatnya modern. Artinya ada banyak barang yang dijual dengan harga pas yang sudah tertera di tempat tersebut. Pembeli bisa mengambil barang apa saja yang diinginkan dan kemudian dibawa ke kasir untuk melakukan pembayaran, baik secara tunai maupun non-tunai.

Jenis Pasar Menurut Jenis Barangnya

Ada pasar yang hanya menjual satu jenis barang saja. Seperti pasar sayur, pasar hewan, pasar ikan dan lain-lain. Berikut macam pasar menurut jenis barangnya.

  • Pasar Barang Konsumsi

Pasar barang konsumsi merupakan suatu pasar yang memperjualbelikan berbagai jenis barang yang dapat dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan hidup manusia.

  • Pasar Sumber Daya Produksi

Pasar sumber daya produksi merupakan suatu pasar yang memperjualbelikan tentang faktor-faktor produksi, contohnya : tenaga kerja, mesin-mesin, tanah, dan tenaga ahli.

Jenis Pasar Menurut Waktunya

Menurut waktunya, pasar bisa dibagi menjadi beberapa macam, yakni:

  • Pasar Harian

Pasar harian ialah tempat pasar di mana merupakan pertemuan antara pembeli serta penjual yang dapat dilakukan setiap harinya. Pasar harian pada umumnya menjual berbagai jenis barang kebutuhan konsumsi, kebutuhan jasa, kebutuhan bahan-bahan mentah, dan kebutuhan produksi.

  • Pasar Mingguan

Pasar mingguan ialah pasar yang dilakukan setiap seminggu sekali. Biasanya pasar mingguan terdapat di daerah yang penduduknya masih, seperti di pedesaan.

  • Pasar Bulanan

Pasar bulanan ialah pasar yang dilakukan sebulan sekali, dan terdapat di daerah-daerah tertentu. Biasanya terdapat para pembeli di pasar tersebut yang membeli barang-barang tertentu dan kemudian dijual kembali, contoh pasar bulanan adalah pasar hewan.

  • Pasar Tahunan

Pasar tahunan ialah pasar yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali. Pasar tahunan pada umumnya bersifat nasional serta diperuntukkan untuk promosi terhadap suatu produk baru. Contoh pasar tahunan : Pameran Pembangunan, Pekan Raya Jakarta, dan lain sebagainya.

  • Pasar Temporer

Pasar temporer ialah pasar yang diselenggarakan pada waktu tertentu serta pasar temporer dapat terjadi secara tidak rutin. Pada umumnya, pasar temporer dibuka guna merayakan peristiwa tertentu. Contoh dari pasar temporer adalah Bazar.

Jenis Pasar Menurut Keleluasaan Distribusi

Dalam jenis ini, ada beberapa pasar yang bisa kita ketahui. Antara lain pasar daerah, pasar lokal, pasar nasional dan pasar internasional. Berikut penjelasan masing-masing jenis pasar tersebut.

  • Pasar Daerah

Pasar daerah ialah suatu pasar yang membeli dan menjual produk di dalam 1 daerah produk tersebut dihasilkan. Dapat juga dikatakan bahwa pasar daerah melayani permintaan serta penawaran hanya dalam 1 daerah.

  • Pasar Lokal

Pasar lokal merupakan suatu pasar yang membeli dan menjual produk di dalam 1 kota tempat produk tersebut dihasilkan. Dapat juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan serta penawaran hanya dalam 1 kota.

  • Pasar Nasional

Pasar nasional merupakan suatu pasar yang membeli dan menjual produk di dalam 1 negara tempat produk tersebut dihasilkan. Dapat juga dikatakan pasar nasional melayani permintaan serta penjualan dari dalam negerii.

  • Pasar Internasional

Pasar internasional merupakan suatu pasar yang membeli dan menjual produk dari berbagai negara. Dapat juga dikatakan luas jangkauan dari pasar tersebut adalah di seluruh dunia. Contoh : Pasar kopi di Santos, Brazil.

Jenis Pasar Menurut Bentuk dan Strukturnya

Ada beberapa macam jenis pasar menurut bentuk dan strukturnya. Seperti pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna yang memiliki 5 jenis yaitu: persaingan monopolistik, pasar oligopoli, pasar monopoli, monopsoni dan oligopsoni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *