Apa Itu Pemasaran : Pengertian Dan Medianya

Posted on

Pemasaran Online – Dalam dunia bisnis, pemasaran menjadi bagian yang tak terpisahkan. Dengan pemasaran produk yang ditawarkan suatu perusahaan bisa laku di pasaran. Hal ini turut berdampak pada keuntungan yang diperoleh perusahaan tersebut.



Maka dari itu pemasaran menjadi ilmu yang terbilang penting. Terlebih jika ingin terjun di dunia bisnis. Memahami pengertian pemasaran juga tak kalah penting. Dengan begitu kita bisa mengetahui persis apa itu pemasaran.

Berikut akan kami bahas mengenai definisi pemasaran. Berikut hal-hal yang berhubungan dengan pemasaran. Seperti pengertian pemasaran menurut para ahli, fungsi pemasaran, tugas pemasaran sampai dengan jenis pemasaran. Berikut pembahasan selengkapnya yang dapat Anda simak.

pemasaran bisnis

Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah suatu kegiatan menyeluruh, terpadu dan terencana yang dilakukan oleh suatu organisasi atau institusi dalam melakukan usaha supaya dapat mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Pemasaran lebih diidentikkan dengan proses pengenalan produk atau jasa kepada konsumen yang potensial. Aspek-aspek untuk pemasaran meliputi periklanan, public relation, promosi maupun penjualan.

Dalam perusahaan tujuan utama dari pemasaran adalah untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan. Di sebuah perusahaan marketing executives harus dapat melihat banyak aspek dalam beriklan. Tak terkecuali memprediksi lifespan suatu produk.

Baca juga: Pengertian Iklan

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui definisi pemasaran secara umum, kini kita bahas pengertian pemasaran menurut para ahli. Beberapa ahli memiliki perbedaan pendapat seputar definisi pemasaran. Dan hal ini bisa dijadikan referensi atau tambahan wawasan mengenai apa itu pemasaran.



  • John Westwood

Menurut John Westwood, pemasaran adalah suatu usaha terpadu yang dilakukan guna memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan keuntungan atau laba kepada perusahaan.

  • Tung Dasem Waringin

Tung Desem Waringin mengartikan pemasaran sebagai media untuk mengomunikasikan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi.

  • Philip Kotler

Pengertian pemasaran menurut Philip Kotler adalah aktivitas sosial dan sebuah pengaturan yang dilakukan oleh perorangan atau sekelompok orang dengan tujuan untuk memperoleh tujuan mereka dengan jalan membuat produk dan menukarkannya dengan besaran nominal tertentu ke pihak lain.

  • Jay Abraham

Pemasaran merupakan sebuah media untuk mencapai kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan paling baik kepada konsumen.

  • William J. Stanton

Menurut William J. Stanton pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa, mempromosikannya, mendistribusikannya dan dapat memuaskan konsumen.

  • Hair dan Mc. Daniel

Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi dan distribusi gagasan, barang maupun jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan konsumen dan tercapainya tujuan organisasi.



  • Basu dan Hani

Pemasaran merupakan proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga barang dan jasa tersebut, hingga proses promosi dan pendistribusiannya, dimana keseluruhan proses pemasaran bertujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh laba.

  • Charles F. Philips dan Delbert J. Duncan

Pemasaran yang oleh para pedagang diartikan sama dengan distribusi dimaksudkan segala kegiatan untuk menyampaikan barang-barang ke tangan konsumen (rumah tangga) dan ke konsumen industri. Jadi dalam kegiatan marketing itu tidak termasuk kegiatan perubahan bentuk barang yang kita jumpai dalam industri.

  • Maynard and Beckman

pemasaran adalah segala usaha yang meliputi penyaluran barang dan jasa dari sektor produksi ke sektor konsumsi.

  • Paul D. Converse and Fred M. Jones

Dunia bisnis itu dibagi dua, yakni produksi dan pemasaran. Produksi adalah pekerjaan menciptakan barang. Sedangkan pemasaran adalah pekerjaan memindahkan barang-barang ke tangan konsumen.

  • William J. Shultz

Pemasaran atau distribusi adalah usaha atau aktivitas yang menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

pemasaran adalah

Fungsi Pemasaran

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pemasaran atau marketing merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Kegiatan pemasaran dilakukan dengan membuat produk, menentukan harga, menentukan tempat penjualan hingga mempromosikan produk kepada konsumen.

Pemasaran mempunyai beberapa fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha. Berikut adalah fungsi dari pemasaran:

  • Fungsi Pertukaran

Dengan adanya pemasaran, konsumen bisa mengetahui maupun membeli suatu produk yang ditawarkan oleh produsen. Baik dengan menukar produk dengan uang ataupun menukar produk dengan produk. Produk itu dapat dipakai untuk keperluan sendiri maupun dijual kembali untuk memperoleh laba.

  • Fungsi Distribusi Fisik

Proses pemasaran juga bisa dilakukan dalam bentuk distribusi fisik terhadap suatu produk. Dimana distribusi tersebut dilakukan dengan cara menyimpan atau mengangkut produk yang dipasarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *