Apa Itu PHP : Pengertian, Fungsi, Penjelasan

Posted on

Pemrograman PHP – Perkembangan teknologi mengantarkan kita pada kemudahan di berbagai aspek. Salah satu penemuan baru yang sangat penting dalam kehidupan umat manusia adalah website. Para pembaca sekalian tentu pernah mendengar website. Hanya saja mungkin tidak semua tahu persis bagaimana suatu website dibuat.

Sebagai gambaran, sebuah website dibuat dengan memanfaatkan bahasa pemrograman. Ada beberapa bahasa pemrograman yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan sebuah website. Seperti HTML dan juga PHP. Dari kedua bahasa pemrograman tersebut, PHP terbilang menarik karena menawarkan fungsi yang lebih banyak.

pemrograman php

Ada website yang perlu diperbarui secara berkala sehingga semakin banyak dikunjungi oleh pengguna internet. Maka dari itu pemilik perlu menambah atau mengubah data di dalamnya. Maka dari itu PHP dipakai, sehingga pemrogram hanya perlu mengubah data dan informasi lewat database. Tidak perlu melakukan perubahan manual di halaman HTML.



Saat ini PHP menjadi bahasa pemrograman server-side tingkat pertama dengan persentase sebesar 83,4%. Selain itu PHP juga bisa dipakai secara gratis dan open source sehingga pengguna bisa melakukan pengembangan terhadap PHP. Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan membahas lebih jauh seputar pengertian PHP, berikut sejarah hingga fungsinya.

Baca juga: Penjelasan Tentang HTML

Apa Itu PHP

PHP merupakan singkatan dari PHP: Hypertext Prepocessor. PHP adalah bahasa pemrograman server-side yang dirancang untuk pengembangan web. PHP dikatakan server-side lantaran program yang diberikan kan dijalankan atau diproses pada komputer yang bertindak sebagai server. Contohnya saat pengguna mengakses suatu situs maka web browser akan melakukan request ke server.

Umumnya PHP dipakai bersamaan dengan penggunaan bahasa pemrograman. Seperti HTML dan JavaScript dimana bahasa tersebut dijalankan di sisi web browser (client). Di samping itu PHP juga dapat dipakai untuk membangun suatu Content Management System (CMS).

PHP tidak hanya dipakai untuk membuat halaman web sederhana saja, namun juga bisa menghasilkan website yang populer dan dipakai banyak orang. Seperti Wikipedia, WordPress, Joomla, Drupal dan lain sebagainya. Saat ini PHP digunakan oleh banyak orang lantaran memberikan solusi yang murah dan dapat berjalan di berbagai platform.

Sejarah PHP

Pada mulanya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page. PHP digunakan untuk membuat situs pribadi.

Seiring berjalannya waktu akronim PHP diperbarui. PHP sendiri berawal saat Rasmus Lerdorf, seorang pemrogram di Denmark/GreenLand pada 1994 membuat script dengan bahasa Perl di web pribadinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *