Tentang Sepak Bola : Pengertian, Teknik Dasar, Dll

Posted on

Permainan Sepak Bola – Olahraga ini menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak diminati orang, terutama kaum adam. Tak sulit untuk mencari orang-orang yang bermain sepak bola di tanah lapang. Biasanya banyak anak-anak bermain sepak bola saat sore hari atau ketika hari libur.



Tidak hanya itu, pertandingan sepak bola juga sering diselenggarakan di Indonesia ataupun tingkat dunia. Dengan antusiasme masyarakat yang cukup besar.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan membahas lebih jauh seputar pengertian sepak bola. Mulai dari pengertian secara umum, pengertian sepak bola menurut para ahli, sejarah sepak bola, teknik sepak bola hingga peraturan sepak bola. Langsung saja berikut informasi selengkapnya yang kami sajikan untuk Anda.

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola adalah cabang olahraga yang memakai sebuah bola, biasanya berbahan kulit atau karet dan dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain pengganti.

Selain itu sepak bola juga bisa didefinisikan sebagai suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola, yang tujuannya adalah untuk memasukkan bola terebut ke gawang lawan. Suatu permainan sepak bola dimenangkan oleh tim yang paling banyak memasukkan bola ke lawan berdasarkan aturan permainan yang berlaku.

Sepak bola dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah ‘football’. Sedangkan di Amerika Serikat disebut dengan julukan ‘soccer’. Bisa kita amati bahwa sepak bola terdiri dari dua kata, yakni sepak dan bola. Sepak memiliki arti menendang dengan kaki. Sedangkan bola adalah alat permainan yang berbentuk bulat dan biasanya terbuat dari bahan kulit atau karet.

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Beberapa ahli memiliki pendapat yang berbeda seputar pengertian sepak bola. Untuk mengetahuinya berikut adalah pendapat beberapa ahli mengenai definisi sepak bola.



Agus Salim

Agus Salim menyatakan bahwa sepak bola adalah cabang olahraga yang memainkan bola dengan menggunakan kaki yang tujuannya adalah untuk memasukkan bola tersebut sebanyak mungkin ke gawang lawan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik itu oleh asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.

Soekatamsi

Menurut Soekatamsi (1994:3), sepak bola merupakan suatu permainan beregu yang diperlombakan, dimana masing-masing regu terdiri dari 11 pemain termasuk penjaga gawang.

Muhajir

Muhajir (2007:22), mengemukakan pendapat bahwa sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, yang tujuannya adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan agar gawang agar tidak kemasukan bola.



Luxbacher

Luxbacher (2008:2) mengartikan sepak bola sebagai suatu permainan yang dipertandingkan antara dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 11 orang dan dilakukan dengan cara mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.