×

Sistem Operasi : Pengertian, Fungsi Dan Contoh

Posted on

Sistem Operasi – Jika Anda familiar dengan PC atau smartphone, maka Anda pasti sudah pernah mendengar istilah sistem operasi atau dalam bahasa Inggris disebut Operating System (OS). Hanya saja mungkin Anda belum begitu paham mengenai hal tersebut.

Sistem operasi merupakan salah satu bagian yang perlu dipelajari oleh orang yang bergelut di dunia teknologi informasi. Sistem operasi lazim ditemui pada komputer maupun smartphone. Akan tetapi seiring berjalannya waktu sistem operasi juga bisa ditemui pada gadget lain, seperti smartwatch.

Untuk komputer, sebagian besar masyarakat lebih akrab dengan sistem operasi Windows besutan Microsoft. Sedangkan untuk smartphone ada Android atau iOS yang dibenamkan pada smartphone iPhone. Akan tetapi macam sistem operasi tidak hanya itu saja. Masih ada sistem operasi lain yang lazim dipakai oleh pabrikan dan secara tidak sadar kita pakai dalam kehidupan sehari-hari.



Maka dari itu kami akan membahas lebih jauh mengenai pengertian sistem operasi atau SO. Tidak hanya membahas mengenai definisi sistem operasi saja, kami juga akan membahas mengenai fungsi sistem operasi, hingga macam-macam sistem operasi yang bisa kita temui.

pengertian sistem operasi

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi adalah salah satu perangkat lunak atau software yang berperan dalam mengatur atau mengontrol kerja perangkat keras atau hardware. Selain itu sistem operasi juga berfungsi menjalankan aplikasi atau suatu software yang ada dalam suatu sistem komputer.

Bisa disebutkan bahwa operating system mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem dalam komputer bisa berjalan sebagaimana mestinya. Sistem operasi memungkinkan suatu aplikasi bisa berjalan. Maka dari itu sistem operasi disebut juga dengan istilah essential component. Artinya komputer dan sistemnya hanya dapat bekerja dengan adanya sistem operasi, kecuali bila komputer sedang dalam keadaan booting.

Dapat diketahui bahwa sistem operasi pada dasarnya merupakan penghubung antara perangkat keras dengan perangkat lunak. Ketika komputer dihidupkan pertama kali, maka yang sedang berjalan adalah sistem operasi. Dan saat komputer sudah menyala, program dan aplikasi baru bisa dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *