Sistem Operasi : Pengertian, Fungsi Dan Contoh

Posted on

Sistem Operasi – Jika Anda familiar dengan PC atau smartphone, maka Anda pasti sudah pernah mendengar istilah sistem operasi atau dalam bahasa Inggris disebut Operating System (OS). Hanya saja mungkin Anda belum begitu paham mengenai hal tersebut.



Sistem operasi merupakan salah satu bagian yang perlu dipelajari oleh orang yang bergelut di dunia teknologi informasi. Sistem operasi lazim ditemui pada komputer maupun smartphone. Akan tetapi seiring berjalannya waktu sistem operasi juga bisa ditemui pada gadget lain, seperti smartwatch.

Untuk komputer, sebagian besar masyarakat lebih akrab dengan sistem operasi Windows besutan Microsoft. Sedangkan untuk smartphone ada Android atau iOS yang dibenamkan pada smartphone iPhone. Akan tetapi macam sistem operasi tidak hanya itu saja. Masih ada sistem operasi lain yang lazim dipakai oleh pabrikan dan secara tidak sadar kita pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu kami akan membahas lebih jauh mengenai pengertian sistem operasi atau SO. Tidak hanya membahas mengenai definisi sistem operasi saja, kami juga akan membahas mengenai fungsi sistem operasi, hingga macam-macam sistem operasi yang bisa kita temui.

pengertian sistem operasi

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi adalah salah satu perangkat lunak atau software yang berperan dalam mengatur atau mengontrol kerja perangkat keras atau hardware. Selain itu sistem operasi juga berfungsi menjalankan aplikasi atau suatu software yang ada dalam suatu sistem komputer.

Bisa disebutkan bahwa operating system mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem dalam komputer bisa berjalan sebagaimana mestinya. Sistem operasi memungkinkan suatu aplikasi bisa berjalan. Maka dari itu sistem operasi disebut juga dengan istilah essential component. Artinya komputer dan sistemnya hanya dapat bekerja dengan adanya sistem operasi, kecuali bila komputer sedang dalam keadaan booting.

Dapat diketahui bahwa sistem operasi pada dasarnya merupakan penghubung antara perangkat keras dengan perangkat lunak. Ketika komputer dihidupkan pertama kali, maka yang sedang berjalan adalah sistem operasi. Dan saat komputer sudah menyala, program dan aplikasi baru bisa dijalankan.



Pada intinya sistem operasi merupakan sistem yang berada di lapisan pertama, dimana memori hard disk diletakkan. Saat ini ada banyak sistem operasi yang beredar. Mulai dari Linux, Windows hingga Mac OS.

Baca juga: Pengertian Dan Sejarah Komputer

Pengertian Sistem Operasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian sistem operasi menurut para ahli. Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Iim Rusyams

Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem termasuk menjalankan program aplikasi.

  • M. Suyanto

Sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan dalam komputer.

  • Abas A. Pangera

Sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen kerja dan memuat metode kerja yang dipakai untuk memanfaatkan mesin sehingga dapat bekerja sesuai yang diinginkan.

fungsi sistem operasi

Fungsi Sistem Operasi

Sebagai suatu software penting dalam komputer, sistem operasi mempunyai sejumlah fungsi penting. Yang jika sistem operasi tidak ada maka komputer tidak dapat menjalankan program dan fungsinya. Berikut adalah beberapa fungsi dari sistem operasi.



  • Menjalankan Operasi Dasar

Fungsi utama dari sistem operasi adalah menjalankan operasi dasar pada komputer. Sistem ini dinilai sebagai komponen penting yang mendasari kerja perangkat lunak atau software lainnya. Sebelum aplikasi bisa dijalankan dan berfungsi dalam komputer, sistem operasi lah yang memungkinkan aplikasi tersebut bisa berjalan dan dioperasikan oleh pengguna komputer.

  • Mengatur Kerja Hardware dan Software

Selain menjalankan operasi dasar, sistem operasi juga berfungsi sebagai Resource Manager dalam suatu komputer. Artinya sistem operasi berfungsi mengontrol fungsi perangkat keras. Mulai dari memori, hard disk, CPU dan berbagai perangkat keras lainnya.

Tidak hanya itu, sistem operasi juga bertanggungjawab dalam mengatur fungsi software. Dengan begitu software bisa terhubung dengan perangkat keras.

  • Wadah Program atau Aplikasi

Aplikasi yang ada dalam komputer memang tersimpan dalam perangkat penyimpanan. Akan tetapi sebenarnya aplikasi tersebut berada di dalam sistem operasi. Aplikasi itu melekat pada sistem operasi dan tidak bisa berfungsi tanpa adanya sistem operasi itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *