Sistem Operasi : Pengertian, Fungsi Dan Contoh

Posted on

Pada dasarnya sistem operasi ini berbasis Linux yang dirancang khusus untuk dipakai pada perangkat mobile berlayar sentuh. Contohnya pada smartphone maupun komputer tablet. Sistem operasi Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc dengan dukungan dana dari Google. Lalu pada akhirnya Google membelinya pada tahun 2005. Di tahun 2007 Google resmi merilis Android.



Kelebihan

1. Bersifat open source
2. Didukung oleh aplikasi yang melimpah dari Google play store
3. Multitasking
4. Mendukung USB Mass Storage

Kekurangan

1. Penggunaan baterai boros
2. Rawan malware

Tingkatan versi OS Android

Android cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean Kitkat, Lollipop, Marsmallow, Nougat dan OS android Oreo.
  • Microsoft Windows

Windows merupakan sistem operasi terpopuler di Indonesia. Sebagian besar PC atau notebook yang beredar di pasaran atau dipakai dalam instansi maupun perusahaan memakai sistem operasi buatan Bill Gates ini.



Windows merupakan sistem operasi dengan GUI atau tampilan antar muka yang mudah dipahami. Maka dari itu banyak orang yang menggunakan sistem operasi ini. Pada mulanya Windows merupakan sistem operasi berbasis teks yang diberi nama MS-DOS. Untuk menjalankan suatu fungsi atau program pengguna harus memasukkan baris perintah.

Windows versi 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983. Akan tetapi baru dijual pada November 1985, atau dua tahun setelahnya. Hingga saat ini sudah ada banyak versi Windows yang dirilis. Hingga tulisan ini dibuat Microsoft telah menghadirkan sistem operasi Windows 10 yang pertama kali hadir pada 29 Juli 2015. Berbagai perkembangan hadir pada Windows 10 dengan tetap mempertahankan fungsi pokoknya sebagai sistem operasi komputer.

  • Linux

Selain Windows, juga ada sistem operasi Linux yang diperkenalkan pertama kali oleh Linus Torvalds pada tahun 1991. Sistem operasi ini berjenis open source. Artinya sistem operasi ini bisa dimodifikasi dan didistribusikan kembali oleh siapa saja dengan bebas. Umumnya distro Linux bisa diunduh secara gratis, tidak seperti Windows yang harus membeli lisensi terlebih dahulu.

Pada umumnya pengguna Linux memasang dan melakukan konfigurasi sendiri pada konfigurasi sistem. Selain itu pengguna sistem operasi Linux kebanyakan merupakan orang yang paham mengenai teknologi.

Linux kadang diidentikkan dengan dunia hacker atau geek. Akan tetapi seiring berjalannya waktu anggapan tersebut mulai memudar. Ada berbagai distro yang menggunakan basis Linux. Seperti Ubuntu, Fedora, Backtrack, Mandriva, Slackware, Debian, CentOS, Red Hat, Mint dan lain sebagainya. Beberapa distro Linux ini memiliki tampilan grafis yang tak kalah menarik dari milik Windows dan juga mudah dipahami.

  • Mac OS

Sistem operasi ini merupakan buatan dari perusahaan mendiang Steve Jobs, Apple. Mac OS ini diciptakan khusus untuk komputer Macintosh atau juga disebut dengan istilah Mac. Sistem operasi ini mempunyai versi terbaru yang diberi nama OS X. di samping itu ada beberapa versi yang sudah dihadirkan Apple. Seperti versi Lion 2011, Mountain Lion 2012, Mavericks 2013 ,Yosemite 2014, El Capitan yang dirilis pada 2015.



Leave a Reply

Your email address will not be published.