Sistem Operasi : Pengertian, Fungsi Dan Contoh

Posted on

Pada umumnya pengguna Linux memasang dan melakukan konfigurasi sendiri pada konfigurasi sistem. Selain itu pengguna sistem operasi Linux kebanyakan merupakan orang yang paham mengenai teknologi.



Linux kadang diidentikkan dengan dunia hacker atau geek. Akan tetapi seiring berjalannya waktu anggapan tersebut mulai memudar. Ada berbagai distro yang menggunakan basis Linux. Seperti Ubuntu, Fedora, Backtrack, Mandriva, Slackware, Debian, CentOS, Red Hat, Mint dan lain sebagainya. Beberapa distro Linux ini memiliki tampilan grafis yang tak kalah menarik dari milik Windows dan juga mudah dipahami.

  • Mac OS

Sistem operasi ini merupakan buatan dari perusahaan mendiang Steve Jobs, Apple. Mac OS ini diciptakan khusus untuk komputer Macintosh atau juga disebut dengan istilah Mac. Sistem operasi ini mempunyai versi terbaru yang diberi nama OS X. di samping itu ada beberapa versi yang sudah dihadirkan Apple. Seperti versi Lion 2011, Mountain Lion 2012, Mavericks 2013 ,Yosemite 2014, El Capitan yang dirilis pada 2015.

Pengguna sistem operasi Mac OS bisa dibilang lebih rendah dari Windows. Hal ini bukan tanpa alasan. Selain hanya terpasang pada komputer Mac saja, harga perangkat iMac, Macbook dan perangkat lainnya tergolong mahal. Maka dari itu tidak semua orang bisa membelinya.

  • Windows Phone

Selain Android, ada juga sistem operasi lain untuk ponsel, yakni Windows Phone. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile. Windows Phone pertama kali dirilis untuk global pada Oktober 2010 dan dirilis di Asia di awal 2011.

Sistem operasi ini menjadi OS utama pada ponsel Nokia. Hanya saja seiring berjalannya waktu Windows Phone kalah saing dengan Android maupun iOS. Pada akhirnya sistem operasi ini berhenti dan ditinggalkan.

  • iOS

iOS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple untuk iPhone dan iPod Touche. Selain itu iOS juga dikembangkan untuk perangkat Apple lainnya. Seperti iPad dan Apple TV. Sama seperti Mac OS, iOS hanya bisa ditemui pada perangkat-perangkat buatan Apple saja. Tidak seperti Android yang dipakai oleh berbagai vendor smartphone.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *