Apa Itu Software : Pengertian, Fungsi, Jenis

Posted on

Software Adalah – Jika berbicara soal dunia teknologi maka rasanya tidak lepas dari dua hal, yakni hardware dan software. Jika pernah bersekolah di SMK atau kuliah mengambil jurusan Teknologi Informasi pasti sudah kenal betul dengan dua hal ini.



Hardware dan software merupakan dasar dari komputer. Hardware adalah perangkat keras atau bagian komputer yang bisa dilihat secara fisik dan juga bisa dipegang. Contohnya adalah CPU, monitor, mouse, keyboard dan lain sebagainya.

Sementara software atau perangkat lunak merupakan hal yang tidak berwujud. Software sebenarnya merupakan sekumpulan kode yang diinstal dalam komputer. Software maupun hardware sama-sama mempunyai peran penting dan saling membutuhkan satu sama lain.

software adalah

Pada suatu PC, hardware merupakan segala sesuatu yang membuat komputer tersebut berfungsi. Contohnya prosesor yang memproses informasi, RAM yang bertugas menangani aplikasi yang dibuka oleh pengguna dan harddisk yang menyimpan data pengguna.

Semua komponen tersebut bisa kita akses jika ada software. Dengan perangkat lunak seseorang bisa berinteraksi dengan perangkat keras. Hampir semua software juga membutuhkan hardware supaya bekerja dengan baik.

Pada pembahasan kali ini kami akan menyampaikan materi soal pengertian software secara mendalam. Selain itu juga akan kami sampaikan apa saja fungsi software hingga jenis-jenis software yang lazim ditemui di dunia maya. Berikut penjelasan selengkapnya yang bisa Anda baca.



software

Pengertian Software

Software adalah program komputer yang menjembatani antara pengguna dengan perangkat keras. Software juga bisa diartikan sebagai sebuah aplikasi yang tersusun dari sekumpulan kode-kode bahasa pemrograman.

Menurut sumber lain, perangkat lunak adalah suatu data yang diprogram dan disimpan secara digital serta tidak berwujud, namun ada di dalam komputer. Selain itu juga ada yang mengartikan software sebagai kumpulan data-data elektronik berupa program atau instruksi yang disimpan dan dikelola oleh komputer.

Software dibuat oleh programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Setelah itu dikompilasi hingga menjadi sebuah kode yang dapat dikenali oleh hardware. Software pada dasarnya dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Contohnya untuk membuat dokumen, melihat konten media ataupun mengedit gambar maupun video.

Fungsi Software

Software memiliki beberapa fungsi yang bisa kita manfaatkan. Misalnya untuk mengatur berbagai perangkat keras atau hardware supaya bekerja secara simultan. Selain itu software juga menjadi penghubung antara perangkat lunak yang lain dengan hardware. Berikut adalah beberapa fungsi software:

  • Mengatur berbagai perangkat keras untuk bekerja secara simultan.
  • Menjadi penghubung antara perangkat lunak yang lain dengan hardware.
  • Sebagai penafsir setiap perintah software lain ke dalam bahasa mesin, sehingga mampu diterima oleh hardware.
  • Mengidentifikasi program.

jenis software

Baca juga: Pengertian Sistem Operasi

Jenis Software

Ada banyak sekali software yang bisa kita jumpai. Dari sekian banyak software yang beredar bisa digolongkan menjadi beberapa jenis. Berikut jenis-jenis software beserta contohnya.



Sistem Operasi (Operating System/OS)

Sistem operasi juga bisa disebut dengan istilah operating system atau OS. Sistem operasi menjadi bagian vital dari sebuah komputer. Sebab tanpa adanya sistem operasi suatu komputer tidak bisa dipakai oleh pengguna untuk menjalankan berbagai aplikasi.

Sistem operasi merupakan software kompleks yang mempunyai banyak fungsi. Contohnya adalah untuk mengatur seluruh hardware yang terintegrasi dengan CPU, memberi instruksi pada prosesor untuk mengerjakan permintaan pengguna, mengatur berbagai proses yang terjadi dalam CPU dan menjadi platform untuk menjalankan software atau aplikasi.

Sistem operasi menjamin software yang berbeda dapat menjalankan tugasnya masing-masing tanpa mengganggu satu sama lain. Sistem operasi memungkinkan setiap aplikasi bisa berjalan bersamaan dan mendapat porsi yang cukup untuk memanfaatkan CPU.

Biasanya OS hanya memberi izin pada perangkat lunak untuk mengoperasikan satu aplikasi dalam satu waktu. Akan tetapi ada beberapa kondisi yang memungkinkan terjadinya multi-tasking. Artinya operating system mengizinkan banyak aplikasi berjalan secara bersamaan. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa sistem operasi yang biasa kita kenal.

  • Microsoft Windows

Sistem operasi ini memakai antarmuka berbasis Graphical User Interface (GUI). Artinya pengguna bisa mengoperasikan semua fungsi dengan tampilan grafis yang memudahkan pengguna.

Versi pertama dari Windows adalah Windows Graphic Environment 1.0. Sedangkan versi paling terbaru saat tulisan ini dibuat adalah Windows 10. Microsoft Windows memiliki beberapa keunggulan. Seperti mudah dipakai oleh pengguna awam sekalipun, instalasi aplikasi yang lebih mudah, banyak dukungan driver dan lain sebagainya. Hanya saja lisensi Windows tidak gratis dan sistem keamanannya juga masih kurang maksimal.

  • UNIX

Sistem operasi ini merupakan produk buatan Dennis Ritchie dan Ken Thompson. UNIX sendiri mulai dikembangkan tahun 1965 oleh AT&T (American Telephone and Telegraph), GE (General Electric) dan MIT (Massachusetts Institute of Technology) dari proyek Multics (Multiplexed Information and Computing Service). Sedangkan penamaan UNIX sendiri diusulkan oleh Peter Neuman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *