Pengertian Variabel Penelitian

Posted on

Pengertian Variabel Costing – Penelitian merupakan suatu proses mencari tahu sesuatu secara sistematis dalam jangka waktu yang relatif lama dengan menggunakan metode ilmiah serta aturan-aturan yang berlaku. Agar proses penelitian bisa berjalan dengan lancar dan bisa berhasil dengan baik maka peneliti perlu membuat rancangan penelitian. Dalam menentukan rancangan penelitian, yang perlu diingat adalah seluruh komponen penelitan tersebut harus terjalin secara serasi dan tertib.a

Sebuah komponen penelitian yang memiliki arti arti penting dalam kaitannya dengan proses studi secara komprehensif adalah variabel penelitian. Variabel sendiri merupakan atribut sekaligus objek yang menjadi titik perhatian dalam sebuah penelitian. Komponen yang dimaksud penting untuk menarik kesimpulan atau inferensi suatu penelitian.



Terdapat beberapa jenis variabel dalam penelitian. Beberapa jenis variabel tersebut adalah variabel bebas dan variabel terikat, variabel aktif dan variabel atribut, variabel kontinu dan variabel kategori yang termasuk juga variabel laten dan variabel cost.

Disamping itu, kriteria atau syarat suatu variabel yang baik dalam pengembangannya harus dapat dipahami dan dimengerti dengan baik sehingga akan menjadi dasar identifikasi dan pengembangan variabel-variabel penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.