Pengertian Web / Website Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Website Menurut Ahli – Jika Anda sudah familiar dengan internet, tentunya Anda juga tidak asing dengan istilah website. Hanya saja mungkin belum semua orang mengetahui apa itu website. Begitu juga dengan manfaat dan jenis-jenis website yang bisa ditemui di internet.



Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan membahas seputar website. Dengan begitu Anda  mengetahui lebih jauh definisi website, cara membuka website, sejarah website hingga manfaat maupun fungsi website.

pengertian website

Pengertian Website

Website adalah sebuah kumpulan dari halaman web yang saling berhubungan dan bisa diakses melalui halaman depan atau home page dengan memakai sebuah browser. Selain website juga ada istilah halaman web. Halaman web merupakan halaman lain yang memuat informasi berbeda dari home page.

Baca juga: Pengertian Internet

Cara Membuka Website

Agar kita bisa mengakses sebuah website, maka kita membutuhkan sebuah software browser. Anda bisa memanfaatkan sejumlah web browser yang tersedia dan dapat diunduh gratis di internet. Seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge dan lain sebagainya.

Misalnya Anda ingin mengakses website Gurupengajar, maka Anda hanya perlu mengetikkan URL di kolom browser. Ketikkan gurupengajar.com di kolom browser, kemudian akan tampil halaman depan atau home page dari website Gurupengajar.

Di samping itu Anda juga membuka website lewat search engine atau mesin pencari seperti Google atau Yahoo. Caranya tinggal masukkan kata kunci di kolom yang tersedia, lalu klik penelusuran atau enter. Maka akan muncul daftar website yang terindex oleh mesin pencari.

Sejarah Website

Website pertama kali dibuat pada tahun 1991. Kala itu website pertama dibuat CERN oleh Tim Berners-Lee.



Tujuan Tim Berners-Lee untuk membuat website agar lebih mudah bagi para peneliti di tempatnya bekerja saat akan bertukar atau melakukan perubahan informasi. Akan tetapi saat itu website dipakai secara terbatas. Website mulai dapat dipakai secara gratis oleh publik pada 30 April 1993.

Website bisa dimiliki oleh individu, organisasi maupun perusahaan. Biasanya website akan menampilkan informasi atau satu topik tertentu. Walaupun saat ini banyak website yang menampilkan beragam informasi dengan topik yang berbeda.

sejarah website

Jenis Website

Website adalah media yang dipakai untuk menampilkan informasi. Di awal kehadirannya website hanya menampilkan informasi berupa tulisan saja. Saat ini berbagai jenis website bisa ditemui dengan mudah. Selain menampilkan tulisan, juga ada website yang menampilkan gambar bahkan video.

Dilihat dari jenisnya, website terbagi menjadi tiga macam. yakni website company profile, website bisnis dan blog. Berikut penjelasan lebih lanjut seputar masing-masing jenis website tersebut.

Website Company Profile

Website Company Profile adalah sebuah website yang berisi tentang informasi dari sebuah perusahaan. Anda harus memiliki sebuah Website Company Profile apabila ingin perusahaan Anda dapat berkembang di tengah gelombang internet.



Dengan memiliki sebuah Website Company Profile Anda dapat memperkenalkan dan memberikan informasi mengenai perusahaan Anda kepada pihak lain yang membutuhkan, baik itu pelanggan/klien, prospek (calon pelanggan), maupun partner dari perusahaan Anda.

Website Toko Online

Website Toko Online atau disebut juga e-Commerce adalah sebuah website untuk menawarkan barang yang dijual secara online, di mana proses penjualan dan pembelian (transaksi) dilakukan secara online. Walaupun tidak menutup kemungkinan proses pembayaran juga bisa dilakukan secara offline yang biasa dikenal dengan istilah COD (Cash on Delivery) yaitu pembayaran dilakukan bersamaan saat barang telah diterima oleh pembeli.

Ada dua jenis Website Toko Online yang efektif yaitu Website Produk Spesifik dan Website Brand Store.

Website Blog

Blog sebenarnya berasal dari kata Weblog yang merupakan gabungan dari dua kata Web dan Log, kata Web yang dimaksud di sini adalah Halaman Web dan Log berarti catatan. Jadi, Blog adalah sebuah website yang berisi mengenai catatan, tulisan, artikel, maupun informasi bermanfaat lainnya yang selalu diperbarui secara teratur.

fungsi website

Manfaat dan Fungsi Website

Di era modern seperti saat ini website menjadi hal penting dalam beberapa hal. Misalnya dalam dunia bisnis, website bisa digunakan untuk media pemasaran sehingga bisnis yang kita jalankan bisa dikenal banyak orang. Tentu saja tidak hanya itu saja. Website juga bisa menjadi media penyebaran informasi. Dengan adanya website masyarakat luas bisa menggali informasi akan suatu hal. Seperti yang kami sajikan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *