Definisi Zakat : Materi, Macam Macam Zakat

Posted on

zakat

Orang yang berhak menerima zakat disebut dengan istilah mustahiq zakat. Ada beberapa macam-macam orang yang berhak menerima zakat. Hal ini diterangkan oleh Allah SWT dalam Al Qur’an surat At-Taubh ayat 60 yang artinya:

“Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, para pengurus zakat (amilin), para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak. Orang-orang yang berutang, untuk jalan Alloh, dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Alloh; dan Alloh maha mengetahui lagi maha bijaksana”. (Q.S At-Taubah: 60)



Dari ayat tersebut dapat kita simpulkan bahwa mustahiq zakat terbagi menjadi 8 ashnaf (bagian). Berikut macam-macam orang yang berhak menerima zakat dan penjelasannya.

Fakir

Fakir merupakan orang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan primer atau kebutuhan sehari-hari karena tidak bisa kasab atau usaha.

Miskin

Miskin adalah orang yang bisa berusaha namun tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Amilin

Amilin merupakan rang yang diangkat oleh pemimpin untuk mengerjakan tugas-tugas pemungutan, pengumpulan, pemeliharaan, pencatatan dan pembagian zakat.

Muallaf

Muallaf adalah orang yang dibukakan hatinya untuk kepentingan Islam dan kaum muslimin.

Riqob

Golongan berikutnya yang berhak menerima zakat adalah riqob. Riqob adalah orang yang membebaskan atau memerdekakan hamba sahaya dari perhambaannya sehingga ia terlepas dari ikatan dengan tuannya.

Ghorimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *