Definisi Zakat : Materi, Macam Macam Zakat

Posted on

zakat

Ghorimin merupakan orang-orang yang tenggelam dalam hutang dan tidak bisa membayarnya. Hutang tersebut bukan dikarenakan dipakai untuk bermaksiat, penghamburan, karena kebodohan, belum dewasa dan lain sebagainya.

Fii Sabiilillah



Adalah kemaslahatan umum kaum muslimin yang dengan zakat itu berdiri islam dan daulahnya dan bukan untuk kepentingan pribadi.

Ibnu Sabil

Yang terakhir adalah Ibnu Sabil. Ibnu Sabil adalah orang yang kehabisan uang di perjalanan dan tidak dapat menggunakan hartanya.

zakat mal

Macam-Macam Zakat

Zakat bisa dibagi menjadi beberapa macam. Secara umum ada dua bagian zakat, yakni zakat fitrah dan zakat maal. Berikut penjelasan singkat masing-masing zakat tersebut.

Zakat Fitrah

Zakat fitrah atau zakat badan adalah zakat yang harus dikeluarkan satu kali dalam setahun oleh setiap muslim mukalaf atau orang yang dibebani kewajiban oleh Allah SWT untuk dirinya sendiri dan untuk setiap jiwa yang menjadi tanggungannya.

Besaran jumlah zakat fitrah adalah satu Sha’ (1.k 3,5 liter/2,5 Kg) per orang. Zakat ini didistribusikan pada tanggal 1 Syawal setelah sholat shubuh sebelum sholat Idul Fitri.

Hukum zakat fitrah adalah wajib. Seperti yang tertuang dalam sebuah hadits yang diterima oleh Ibnu Abbas, yang artinya:

“Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitri untuk menyucikan orang yang shaum dari segala perkataan yang keji dan buruk yang mereka lakukan selama mereka shaum, dan untuk menjadi makanan bagi orang-orang yang miskin.” (H.R. Abu Daud)

Zakat Maal

Zakat maal atau zakat harta terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya:

Zakat emas, perak dan uang

Zakat ini hukumnya wajib, seperti dalam firman Allah di surat At-Taubah ayat 34-35. Orang yang memiliki emas wajibmengeluarkan zakat saat sudah mencapai nishabnya. Nishab emas mencapai 20 dinar atau 90 gram, sedangkan nishab perak sebesar 200 dirham (600 gram), dan kadar zakatnya sebanyak 2,5%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *