Teknik Penilaian Pengetahuan Dan Ketrampilan

Posted on

Teknik Penilaian Pengetahuan Dan Ketrampilan – Artikel kali ini akan membahas tentang Teknik Penilaian Pengetahuan dan Ketrampilan Kurikulum 2013 yang disajikan secara padat jelas sehingga teman – teman bisa lebih mudah dalam memahaminya.



Dalam dunia pendidikan salah satu tolak ukur meningkatnya kualitas dasar pendidikan adalah berdasarkan penilaian. Dengan memilih teknik penilaian yang baik maka akan memotivasi pendidik untuk memilih strategi mengajar yang baik pula, sehingga peserta didik juga bisa termotivasi untuk belajar lebih baik lagi.

Dalam penilaian pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri dari:

  1. Peniliaian hasil belajar pendidik
  2. Penilaian hasil belajar satuan belajar
  3. Penilaian hasil belajar pemerintah

Panilaian hasil belajar oleh pendidik merupakan bentuk penilaian dengan mengumpulkan informasi atau data tentang hasil atau capaian pembelajaran dari peserta didik.

Baca juga: Penilaian Sikap Siswa Kurikulum 2013

Teknik – Teknik Dalam Penilaian

Penilaian hasil belajar memuat 3 (tiga) hal yang menjadi poin penting dalam penilaian, yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan ketrampilan. Uraian dari poin – poin tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Penilaian Sikap

Penilaian sikap meliputi sikap spiritual dan juga sikap sosial. Penilaian sikap bertujuan sebagai bentuk penilaian dari perilaku dan budi pakerti peserta didik.

Karakteristik dari penilaian sikap berbeda dengan karakteristik penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan, sehingga dalam penilaiannya pun menggunakan teknik yang berbeda. Penilaian sikap berfokus pada pembinaan perilaku dalam pembentukan karakter dari peserta didik.



Baca juga: Jurnal Penilaian Sikap Spiritual Dan Sosial

Teknik – Teknik Penilaian Sikap:

  • Melalui Observasi atau Jurnal

Penilaian perilaku melalui observasi merupakan teknik penilaian perilaku dengan cara mengobservasi tingkah laku peserta didik dengan menggunakan lembar observasi. Lembar observasi merupakan instrument yang digunakan untuk mempermudah dalam membuat laporan tentang penilaian sikap. Hasil dari pengamatan dicatat oleh guru setiap muatan pelajaran, guru kelas, dan guru Bimbingan Korseling.

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penilaian sikap dengan observasi terbuka:

  • Jurnal penilaian sikap ditulis oleh guru kelas, guru , mata pelajaran, dan guru BK. Khusus untuk anak SD hanya ditulis oleh guru kelas dan guru mata pelajaran.
  • Bagi guru kelas 1 jurnal digunakan untuk stiap kelas yang menjadi tanggung jawabnya, untuk guru mata pelajaran 1 jurnal untuk setiap kelas yang diajarnya, untuk guru BK 1 jurnal untuk setiap kelas di bawah bimbingannya.
  • Peserta didik yang memiliki sifat alami baik tidak harus dicatat dalam jurnal (berfokus pada yang sangat baik atau kurang baik)
  • Jurnal spiritual dan sikap social bias ditulis dalam 1 jurnal, atau terpisah dalam 2 jurnal.
  • Apabila peserta didik pernah menunjukan sikap yang kurang baik maka saat peserta didik menunjukan sikap yang baik, sikap baik itu harus ditulis.

Hasil dari penilaian sikap lalu direkap dan diserahkan ke wali kelas.



  • Penilaian Diri

Dalam penilaian diri ini wali kelas meminta peserta didik untuk melakukan penilaian diri dengan menuliskan kelebihan serta kekurangannya, yang mana akan dijadikan untuk konfirmasi perkembangan sikap dari peserta didik

Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian diri yang ditulis secara jelas dan mudah dipahami oleh peserta didik.

  • Penilaian Antar Teman

Penilaian antar teman merupakan teknik penilaian sikap yang dilakukan oleh peserta didik (penilai) kepada pesrta didik lain yang terkait. Biasanya dilakukan oleh teman sebangku. Penilaian antar teman ini bias menumbuhkan sifat kejujuran, tenggang rasa, dan saling menghargai.

Baca juga: Pedoman Penilaian K13 Guru

  1. Penilaian Pengetahuan

Penilaian pengetahuan adalah proses dari pengolahan informasi atau data yang diperoleh dari pembelajaran peserta didik untuk mengukur proses dan hasil capaian kompetensi dari peserta didik. Penilaian pengetahuan ini memuat kombinasi penguasaan kognitif (kecakapan berfikir) yaitu, mengingat, memahami, menerapkan, menganaisis, mengevaluasi, dan mengkreasi, dengan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakogitif.

Teknik – Teknik Penilaian Pengetahuan:

Ada beberapa teknik dalam melakukan penilaian pengetahuan, pendidik boleh memilih salah satu yang sesuai dengan karakteristik dari kompetensi disar, indicator, dan juga tujuan dari pembelajaran yang akan dinilai. Segala sesuatu yang akan digunakan untuk penilaian harus sudah ditulis atau ditetapkan sebelumnya didalam RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajran).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *