Teknik Penilaian Pengetahuan Dan Ketrampilan

Posted on

Dalam penilaian penugasan ada dua tipe, yaitu penugasan untuk meningkatkan pengetahuan yang diberikan sebelum atau selama pembelajaran (assessment for learning). Sedangkan untuk mengukur pengetahuan dilaksanakan setelah proses pembelajaran (assessment of learning).



Baca juga: Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif

  1. Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan merupakan penilaian yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur kemampuan dari peserta didik dalam menerapkan pengetahuan untuk melakukan tugas tertentu di berbagai macam konteks keterampilan sesuai dengan Kriteria Ketutasan Minimum.

Teknik – Teknik Penilaian Keterampilan:

Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan berbagai teknik di antaranya dengan menggunakan penilaian praktik, penilaian produk, penilaian proyek, penilaian portofolio, serta teknik penilaian lainnya seprti teknik tes tulis.

Berikut uraian tentang teknik – teknik penilaian keterampilan:

  • Penilaian Praktik

Penilaian praktik merupakan bentuk penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan dalam melakukan suatu aktivitas sesuai dengan tututan kompetensi.



Penilaian praktik bertujuan untuk menilai kemampuan peserta didik dalam mendemonstrasikan keterampilan untuk melakukan suatu kegiatan yang telah ditentukan.

Contoh penilaian praktik adalah praktik bola voli, praktik membuat prakarya, praktik menggunakan alat laboratorium, dan lain sebagainya.

  • Penilaian Proyek

Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian pada suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode tertentu. Tugas dalam sebuah penilaian proyek merupakan bentuk investigasi mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data.

Penilaian proyek ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan peserta didik dalam merencanakan, menyelidiki, serta menganalisis proyek tersebut.

Contoh penilaian proyek adalah melakukan investigasi terhadap pembuat tape, menciptakan gerakan senam, membuat video percakapan, dan lain sebagainya.

  • Penilaian Portofilio

Penilaian portofolio merupakan kumpulan dari dokumen atau karya peserta didik yang dikumpulkan oleh pendidik selama proses pembelajaran yang digunakan untuk memantau sert menilai perkembangan dari sikap, pengetahuan, serta keterampilan dari peserta didik.



Ada benyak bentuk portofolio, yaitu portofoliodalam bentuk doumentasi, proses, dan pameran yang mana dapat dipilih sesuai dengan karakteristik dari kompetensi.

Portofolio disusun dengan rapi dan diberi tanggal saat penyimpannya agar dapatdilihat perkembangan dari peserta didik pada setiap penilaian portofolio.

Tujuan dari penilaian portofolio adalah untuk menentukan hasil karya serta proses hasil karya tersebut diperoleh sebagai tanda bukti pencapaian dari peserta didik.

  • Penilaian Produk

Penilaian produk adalah penilaian pendidik terhadap peserta didik dalam menilai proses pembuatan karya atau produk dan kualitas dari produk tersebut.

Pembuatan produk meliputi 3 (tiga) tahap yaitu, tahap persiapan, tahap pembuatan, serta tahap hasil atau produk.

Tujuan dari penilaian produk adalah menilai keterampilan peserta didik dalam pembuatan suatu produk sehubungan dengan pencapaian tujuan pembelajaran, menilai penguasaan keterampilan yang mana menjadi batu loncatan bagi keterampilan selanjutnya, menilai kemampuan peserta didik dalam mengambangkan gagasan yang dituangkan dalam suatu inovasi atau kreasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.