Penilaian Sikap Siswa Kurikulum 2013

Posted on

Penilaian Sikap Siswa Kurikulum 2013 – Untuk mengukur keberhasilan pembelajaran peserta didik tidak hanya bisa dilakukan melalui pengetahuan saja, namun juga penilaian keterampilan dan penilaian sikap.

Penilaian sikap adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui karakter atau perilaku siswa ketika di kelas atau luar kelas, baik dalam sosial ataupun spiritual. Penilaian sikap juga merupakan hasil pendidikan yang dapat mengontrol dan membimbing perkembangan siswa saat belajar selama belajar di lingkungan sekolah.



Baca juga: Jurnal Penilaian Sikap Spiritual Dan Sosial

  1. Pengertian Penilaian Sikap

Sikap berasal dari perasaan seseorang untuk merespon sesuatu atau objek yang lainnya. Sikap dapat dikategorikan sebagai sebuah ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang.  Sikap dapat dibentuk sehingga perilaku yang terjadi akan sesuai dengan tindakan yang diinginkan. Adapun untuk kompetensi sikap yang dimaksud dalam pendidikan adalah ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup seseorang yang dapat diwujudkan dalam tindakan atau perilaku.

Penilaian kompetensi sikap yang dilakukan oleh pendidik dalam pembelajaran adalah suatu serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengukur sikap siswa selama di kelas sebagai hasil dari program pembelajaran.

Penilaian ini nantinya bisa dijadikan sebagai standar dalam pengambilan keputusan terhadap siswa atau perilaku siswa. Sedangkan fungsi utamanya adalah sebagai bagian dari pembelajaran refleksi atau cerminan pemahaman serta kemajuan sikap peserta didik secara individual.

  1. Cakupan

Kompetensi sikap dalam kurikulum 2013 terbagi menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang berkaitan dengan pembentukan siswa yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial yang berkaitan dengan pembentukan siswa yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.