Contoh Penyimpangan Demokrasi Terpimpin

Posted on

Ternyata penyimpangan tidak hanya terjadi di dalam negri saja, tetapi pernyimpangan demokrasi terpimpin juga terjadi pada politik luar negri yang membuatnya terbagi menjadi dua kelompok, yakni Nefo dan Oldefo.



NEFO merupakan singkatan dari New Emerging Forces yang isinya adalah beberapa negara baru penentang kapitalisme dan imprealisme. Sementara OLDEFO merupakan singkatan dari Old Established Forces yang  isinya adalah negara-negara barat penganut kapitalisme dan imprealisme. Karena terbagi menjadi dua golongan, maka perlakuan Indonesia kepada keduanya juga ikut berbeda.

  1. Membentuk Porso Indonesia-Peking

Selama masa demokrasi terpimpin, dunia masih kenal blok komunis yang dimana negara Republuk Rakyat China (RRC) menjadi salah satu anggotanya. Meskipun terkenal sebagai negara komunis, Indonesia justru menjalin hubungan yang erat dengan China. Akan tetapi, meski Indonesia menjalin hubungan yang sangat erat dengannya, Indonesia sampai sekarang ini masih termasuk salah satu negara yang menganut sistem ekonomi campuran yang  merupakan sistem ekonomi yang dianut oleh negara non blok.

  1. Indonesia Melaksanakan Politik Mercusuar

Penyimpangan demokrasi terpimpin lainnya yang pernah terjadi di tanah air ialah memakai politik mercusuar yang dimana politik merupakan jenis politik yang mengagungkan kemegahan Indonesia di mata dunia. Contoh diberlakukannya politik mercusuar yaitu dalam pembuatan stadion Senayan Jakarta dan pelaksanaan pesta olahragi bagi negara-negara NEFO yang dilaksanakan di Jakarta yang kemudian disebut dengan GANEFO. Salah satu hal yang diunggulkan oleh negara Indonesia pada waktu itu ialah ekonomi pancasila termasuk kelebihan dan kekurangan ekonomi tersebut.

  1. Indonesia Keluar Dari PBB

Indonesia Keluar Dari PBB

Dulu ternyata Indonesia pernah menjadi salah satu negara yang terkucil dari pergaulan Internasional. Sebab, Indonesia memilih untuk keluar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 7 Januari 1965 dengan melalui pernyataan mentri luar negri Subandrio. Salah satu penyebab utama keluarnya Indonesia dari PBB adalah karena pengangkatan Malaysia sebagai Dewan Keamanan (DK) PBB.

Dampak paling besar dari keluarnya Indonesia ini adalah dari segi ekonomi karena kegiatan Indonesia menjadi sangat terbatas dalam ekonomi terbuka. Padahal ekonomi terbuka merupakan sebuah bentuk interaksi Indonesia dengan  negara luar. Hal ini tentu berbeda dengan ekonomi tertutup yang hanya mengandalkan produksi dalam negri dan menutup seluruh akses untuk menuju negara lain. Perbedaan antara ekonomi terbuka dan tertutup di Indonesia pada waktu itu sangat terasa akibat keputusan keluar dari PBB ini.



  1. Konfrotasi Dengan Malaysia

Dampak selanjutnya dari penyimpangan demokrasi terpimpin ialah anggapan presiden Ir.Soekarno mengenai Malaysia sebagai proyek Neo Kolonialisme Imprealisme (Nekolim) Inggris yang bisa membahayakan revolusi Indonesia. Masalah tersebutlah yang membuat Ir Soekarno kemudian membentuk Dwi Komando Rakyat (DWIKORA) pada 3 mei 1964 untuk dapat mencegah berdirinya Malaysia. Gejolak tersebut pastinya memberikan dampak besar dalam faktor pertumbuhan ekonomi dalam maupun luar negri Indonesia.

  1. Pembentukan DPAS

Pembentukan DPAS

Leave a Reply

Your email address will not be published.