Contoh Penyimpangan Demokrasi Terpimpin

Posted on

DPAS merupakan singkatan dari Dewan Pertimbangan Agung Sementara  yang dibentuk berdarkan penetapan presiden No. 3 tahun 1959. Pembentukan dewan ini adalah dengan menunjuk anggota secara langsung oleh presiden dan diketuai oleh presiden langsung.



Jika dilihat dari segi fungsi, DPAS memiliki tugas untuk mengajukan usul kepada pemerintah dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari presiden. Hal seperti ini termasuk penyimpangan demokrasi terpimpin, karena pemerintahan pada waktu itu hampir sepenuhya dipegang oleh presiden.

Baca juga: Pengertian Demokrasi

Diatas adalah beberapa penyimpangan demokrasi terpimpin yang tidak boleh dilupakan saja dan bisa dijadikan sebagai pelajaran supaya semua penyimpangan diatas nantinya tidak terulang lagi terutama di pemerintahan Indonesia.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kali ini mengenai penyimpangan demokrasi terpimpin secara lengkap mulai dari pengertian, ciri-ciri dan juga contohnya sehingga akan memudahkan anda dalam memahaminya. Semoga informasi yang sudah di ulas secara lengkap dan jelas ini bisa bermanfaat atau menambah wawasan anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.