Peran Bums Dalam Perekonomian Indonesia

Posted on

Pajak yang telah mereka bayarkan tersebut akan dipakai untuk mengisi kas negara, yang umumnya sudah ditargetan oleh pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).



  1. Membantu untuk melancarkan pembangunan negara

Dana yang sudah didapatkan negara melalui pajak yang diterima dari BUMS (seperti pada penjelasan nomor 5) kemudian akan dipakai untuk pembangunan negara. Dengan tidak adanya setoran pajak, pastinya pembangunan tidak akan berjalan dengan lancar karena akan kekuarangan dana.

Bagaimana pun pajak merupakan sumber pendapatan negara yang terbesar dan paling utama. Oleh karena itulah BUMS juga biasa disebut dengan agen pembangunan nasional.

  1. Membantu dalam upaya pemerataan pendapatan masyarakat

Perbedaan wilayah geografis dan budaya  menjadi penyebab munculnya pendapatan masyarakat yang tidak merata.  Kota-kota besar akan cenderung lebih maju karena memiliki pendapatan per kapita yang sangat besar.

Dengan keberadaan BUMS, kesempatan lapangan kerja baru terbuka lebar sehingga dapat menaikkan pendapatan masyarakat di kota-kota kecil. Dari sana BUMS akan membantu pemerataan pendapatan masyarakat yang selalu diupayakan oleh pemerintah.

  1. Menciptakan kreasi dan peluang usaha yang dapat memberikan kontribusi dalam dunia bisni dan perekonomian nasional

Pihak-pihak swasta sangat identik dengan kreasi dan inovasi. Sebab biasanya mereka akan mendirikan usaha dengan melihat kebutuhan masyarakat, tetapi usaha tersebut haruslah unik dan berbeda dengan usaha-usaha lainnya.

Karena kreatifitas pelaku bisnis BUMS semacam inilah yang dapat menciptakan kreasi dan peluang usaha baru. Dimana hal ini pastinya dapat memberikan kontribusi yang positif dalam dunia bisnis dan perekonomian nasional.



  1. Membantu untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat

Upaya BUM yang dilakukan untuk membuka lapangan kerja, akan memberikan pendapatan sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat, mengurangi tingkat pengangguran, secara tidak langsung hal ini sudah membantu dalam usaha penyelesaian masalah pembangunan ekonomi di Indonesia.

Apabila masalah pembangunan ekonomi dapat diatasi, maka pertumbuhan ekonomi akan meningkat sehingga hal ini akan membuat kesejahteraan masyarakat juga semakin meningkat.  Oleh karena itulah BUMS ikut serta membantu upaya pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, taraf hidup ataupun kesejahteraan masyarakat.

  1. Membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia

Pada umumnya BUMS mempunyai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang menjadi pertanggungjawaban secara sosialnya sebagai bagian dari lingkungan sosial. Salah satu bentuk CSR perusahaan swasta ialah dengan memberikan beasiswa untuk masyarakat.

Keberadaan beasiswa ini akan membantu masyarakat yang tidak mampu yang terkendala untuk mendapatkan pendidikan sehingga mereka memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan. Dengan pendidikan maka dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang bersangkutan. Maka dari itulah BUMS memiliki peran untuk meningkatan kualitas SDM Indonesia.

  1. Meningkatkan pendapatan nasional

Kegiatan usaha BUMS adalah untuk mengolah dan menghasilkan suatu produk baik barang atau jasa. Dimana barang atau jasa menjadi komponen pendapatan nasional apabila kita lihat dari segi Produk Domestik Bruto (PDB). Jadi dengan keberadaan kegiatan usaha BUMS, maka pendapatan nasional juga semakin meningkat.

  1. Mempercepat penyebaran dan penguasaan teknologi pada masyarakat

Kegiatan industri BUMS yang sudah semakin berkembang dan maju tentu tak lepas dari teknologi canggih untuk dapat menunjang kegiatan usaha produki yang efektif dan efisien. Dengan menggunakan teknologi modern dalam operasional BUMS akan membuat masyarakat (sebagai pelaku usaha BMS) dapat menguasai teknologi yang canggih tersebut.



Baca juga: Contoh Perusahaan Yang Melakukan Merger

Itulah peran serta BUMS untuk mempercepat penyebaran dan penguasaan teknologi pada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.