×

Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Saat Ini

Posted on

Rencana Pelajaran 1952

Pada masa ini istilah kurikulum masih belum lahir dan tetap mempertahankan istilah rencana pelajaran. Mengacu pada Dasar Pendidikan dan Pengajaran Nomor 4 Nomor 1950, Rencana Pelajaran mulai dilaksanakan secara bertahap.

Nama Sekolah Rakyat (SR) digunakan oleh pemerintah. Dalam Sekolah Rakyat ini mata pelajaran diberikan kepada peserta didik yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Di samping Sekolah Rakyat enam tahun, juga ada Kelas Masyarakat yang ditujukan untuk lulusan SR yang tidak melanjutkan ke SMP. Tujuannya supaya lulusan SR bisa langsung masuk ke dunia kerja.

Rencana Pelajaran 1964



Di tahun 1964 materi pelajaran yang diberikan difokuskan dalam upaya pengembangan cipta, rasa, karsa, karya dan moral yang kemudian dikenal dengan sistem pendidikan Panca-Wardhana. Kelompok mata pelajaran mencakup (1) moral, (2) kecerdasan, (3) emosional/ artistik, (4) keprigelan (keterampilan), dan (5) jasmaniah. Sedangkan kegiatan pembelajaran menekankan pada aspek pengetahuan dan kegiatan praktik.

Kurikulum 1968

Pada tahun 1968 lahirlah istilah kurikulum yang menggantikan Rencana Pelajaran. Selain perubahan Rencana Pelajaran 1964 menjadi Kurikulum 1968, juga ada penggantian Sistem Pancawardhana menjadi Pembinaan Pancasila, Pengetahuan Dasar dan Kecakapan Khusus.

Kurikulum 1968 melakukan fusi pelajaran menjadi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal ini menjadi konsep tematik dan integratif pertama di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *