Isi Pasal Permendikbud Tentang Standar Nasional PAUD

Posted on

Pasal Permendikbud Tentang Standar Nasional PAUD – Pada artikel kali ini kami akan membahas isi dari permendikbud tentang standar nasional PAUD 8 standar dari PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini.

Setiap satuan pendidikan di Indonesia pasti disesuaikan dengan 8 standar pendidikan nasional yang sudah di atur di dalam Permendikbud. Begitu juga dengan Pendidikan Anak Usia Dini atau yang lebih kita kenal dengan PAUD.



PAUD merupakan satuan pendidikan yang diberikan untuk jenjang pendidikan anak usia dini atau sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar. Peserta didik yang belajar di jenjang PAUD ini biasanya untuk anak di bawah 6 tahun.

Ada 8 Standar Nasional PAUD meliputi Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan dan Standar Pembiayaan.

Baca Juga : RPPM BDR PAUD Semester 2 Terbaru 2022

Baca Juga : RPPM BDR PAUD Semester 1 Terbaru 2022

Dalam pembentukan 8 standar nasional PAUD terdapat dasar hukum yang mendasarinya.

Dalam permendikbud pun dituliskan peraturan tentang standar nasional PAUD. Untuk penjelasan lebih lengkapnya tentang isi permendikbud tentangstandar nasional PAUD, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Dasar Hukum 8 Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Berikut kami berikan isi dari permendikbud tentang 8 Standar PAUD, antara lain sebagai berikut:

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.

BAB I
KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:

1. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini selanjutnya disebut Standar PAUD adalah kriteria tentang pengelolaan dan penyelenggaraan PAUD di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini selanjutnya disebut STPPA adalah kriteria tentang kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan pertumbuhan, mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, serta seni.

3. Standar Isi adalah kriteria tentang lingkup materi dan kompetensi menuju tingkat pencapaian perkembangan yang sesuai dengan tingkat usia anak.

4. Standar Proses adalah kriteria tentang pelaksanaan pembelajaran pada satuan atau program PAUD dalam rangka membantu pemenuhan tingkat pencapaian perkembangan yang sesuai dengan tingkat usia anak.

5. Standar Penilaian adalah kriteria tentang penilaian proses dan hasil pembelajaran dalam rangka mengetahui tingkat pencapaian yang sesuai dengan tingkat usia anak.

6. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah kriteria tentang kualifikasi akademik dan kompetensi yang dipersyaratkan bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD.

7. Standar Sarana dan Prasarana adalah kriteria tentang persyaratan pendukung penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan anak usia dini secara holistik dan integratif yang memanfaatkan potensi lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.