Persyaratan Pendaftaran P3K Guru Terbaru 2022

Posted on

Persyaratan Pendaftaran P3K Guru – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang syart – syarat yang harus dipenuhi dalam pendaftaran P3K guru.



Dengan berakhirnya seleksi pendaftaran PPPK guru tahap 2, maka pendaftaran seleksi PPK guru tahap ketiga pun akan segera dibuka. Bagi guru yang telah lolos pada seleksi pendaftaran hingga tahap akhir akan langsung diangkat menjadi PPPK guru.

Baca juga: SK Inpassing Kemenag Guru Non PNS

Baca juga: Cara Mendaftar / Registrasi SIM PKB Guru

Namun, sebelum menginjak ke informasi tentang persyaratan pendaftaran PPPK guru. Ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan PPPK.

Pengertian PPPK

PPPK atau yang memiliki kepanjangan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja adalah rekrutmen untuk diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara atau ASN yang ditujukan untuk WNI yang diangkat berdasarkan pada perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Guru PPPK adalah pendidik atau guru yang berada di bawah naungan pemerintahan namun bukan Pegawai Negeri Sipil atau PNS yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu yang sudah ditentukan.

Lalu apa yang membedakan PPPK dengan PNS?



PNS :

  • Berstatus sebagai pegawai tetap.
  • Memiliki batas usia maksimal (35 tahun) untuk menjadi ASN.
  • Memiliki jabatan dan pangkat.
  • Bisa mengajukan pemindahan kerja.
  • Mendapatkan jaminan hari tua dan pensiun.

PPPK :

  • Berstatus sebagai pegawai kontrak.
  • Tidak memiliki batas usia maksimal untuk menjadi ASN.
  • Tidak memiliki jabatan dan pangkat.
  • Tidak bisa mengajukan pemindahan kerja.
  • Tidak mendapatkan jaminan hari tua dan pensiun.

Baca juga: Contoh Daftar Urut Kepangkatan Guru Dan PNS

ASN guru PPPK juga akan mendapatkan gaji yang disesuaikan dengan golongan jabatan yang dimiliki. Selain itu guru PPPK juga akan mendapatkan tunjangan sesuai dengan tunjangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) .

Tunjangan tersebut berupa tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural, tunjangan jabatan fungsional serta tunjangan lainnya.

Oleh sebab itu banyak guru yang mendaftarkan diri menjadi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau guru PPPK.



Bagi guru yang sudah melakukan pendaftaran seleksi tahap 2 maka diharapkan untuk mempersiapkan pendaftaran seleksi tahap 3.

Baca juga: Cara Pendaftaran Inpassing Online Terbaru Tahun 2022

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi seleksi pendaftaran tahap 3 PPPK guru? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Syarat – syarat Pendaftaran PPPK Guru Tahap 3

Perlu kalian ketahui bahwasanya bagi guru yang mendaftarkan diri di PPPK dan tidak lolos tahap 1 dan 2 , masih bisa mengikuti seleksi tahap 3.

Leave a Reply

Your email address will not be published.