Perusahaan Multinasional Di Indonesia

Posted on

Perusahaan Multinasional Di Indonesia – Perusahaan menjadi sebuah tempat untuk menampung adanya kegiatan produksi dan juga  menjadi tempat dimana semua faktor yang mempengaruhi sebuah produksi dapat berkumpul. Kini ada banyak sekali jenis perusahaan yang dapat kita temukan.



Di Indonesia sendiri, semua perusahaan ada yang sudah terdaftar dan ada pula yang sama sekali tidak terdaftar. Perusahaan yang mempunyai badan usaha di dalamnya merupakan suatu perusahaan yang namanya sudah terdaftar di dalam pemerintahan Indonesia. Status dari perusahaan tersebut ialah sebuah badan usaha yang dimilikinya.

Perusahaan Multinasional

Sedangkan untuk MNC atau yang lebih dikenal sebagai Multinasional Corporation atau perusahaan multinasional ini adalah sebuah perusahaan yang mampu beroperasi di dalam 2 negara atau lebih sekaligus.

Keberadaan hubungan internasional yang sudah diberlakukan saat ini menjadi suatu hal positif yang mendasari terjadinya fenomena MNC, hal ini lebih dominan apabila di kaji dalam perkembangan perekonomian dunia dan masalah globalisasi perdagangan dalam suatu negara.

Perusahaan multinasional ini mempunyai fungsi dan pengaruh yang sangat spesifik sebab keberadaan perusahaan multinasional disuatu negara akan menjadi sebuah perusahaan yang dapat menyumbangkan dan membayar pajak tinggi untuk sumber pendapatan dari negara yang di tempati perusahaan itu sendiri sebagai faktor perkembangan ekonomi negara.

Perusahaan multinasional adalah sebuah karya baru yang akan selalu hadir dan tidak dapat di hindari sebagai bentuk dari keberadaan era  globalisasi. MNC merupakan bentuk perwujudan dari suatu hubungan internasional dalam perdagangan modern yang dimana keuntungan menjadi topik dasar dari keberadaan perusahaan multinasional dalam suatu negara.



Baca juga: Contoh Perusahaan Firma Di Indonesia

Ciri-Ciri Perusahaan Multinasional

Ciri-Ciri Perusahaan Multinasional

Selain adanya perusahaan multinasional yang fenomenal saat ini, ada beberapa poin penting yang harus anda ketahui mengenai perusahaan multinasional tersebut seperti ciri-ciri yang sudah kami rangkum berikut ini :

  • Ruang lingkup dari sumber keuangan perusahaan atau income generating yang berasal dari perusahaan multinasional umumnya akan melampui batas-batas income negara
  • Kontrol perusahaan terhadap adanya penggunaan modal dan penggunaan teknologi sangatlah penting. Hal ini dikarenakan 2 faktor utama tersebut merupakan faktor yang mendasari keuntungan kompetitif dari perusahaan multinasional.
  • Adanya sistem perdagangan dalam perusahaan multinasional pada umumnya akan terjadi di dalam ruang lingkup di perusahaan itu sendiri, meskipun proses produksinya terjadinya di antarnegara dan fungsi produksi dalam perusahaan sangatlah penting.
  • Pengembangan dari sistem distribusi dan managemen yang terjadi pada lintas batas-batas negara khususnya yang terjadi pada sistem lisensi, ventura dan franchise.

Pengaruh Perusahaan Multinasional Di Indonesia

Keuntungan

Adapun keuntungan yang diberikan oleh perusahaan multinasional yang ada di Indonesia

  • Menyediakan lapangan kerja baru dan juga menambah kesempatan kerja di negara yang ditempati oleh perusahaan itu sendiri.
  • Dapat memberikan modal devisa negara dengan melakukan penanaman modal dalam bidang ekspor barang.
  • Semakin berkurangnya kebutuhan devisa di sektor industri barang import.
  • Dapat membantu proses memoderalisir perkembangan suatu negara.
  • Dapat membantu perkembangan di negara itu sendiri.
  • Transfer teknologi
  • Pilihan produk yang beredar di pasaran lebih bervariasi
  • Reputasi nasioal meningkat

Kerugian

Selain menawarkan banyak keuntungan, ternyata perusahaan multinasional juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan yang dimiliki oleh perusahaan multinasional adalah sebagai berikut:

Perusahaan Multinasional

  1. Persaingan Perusahaan Lokal Semakin Ketat

Salah satu kekurangan dari adanya perusahaan multinasional di Indonesia adalah dapat mematikan perusahaan lokal. Pada umumnya sebuah perusahaan besar sudah pasti mempunyai teknologi canggih dan modern sehingga produk yang mereka miliki jauh lebih menjanjikan daripada perusahaan lokal.



Hal tersebut secara tidak langsung dapat menyingkirkan perusahaan lokal yang mungkin saja tidak mempunyai modal dalam jumlah yang cukup besar untuk mampu bertahan dan bersaing dengan MNC.

  1. Melakukan Ekspor Keuntungan

Setiap perusahaan umumnya didirikan karena memiliki tujuan untuk bisa mendapatkan hasil berupa keuntungan dalam jumlah besar. Demikian juga dengan anak cabang perusahaan yang sudah banyak tersebar di beberapa daerah tentu juga akan memperoleh keuntungan.

Namun yang menjadi masalah yaitu keuntungan tersebut diekspor dan akan menjadi miliki perusahaan pusat. Dengan demikian maka anak perusahaan di beberapa negara lainnya tidak akan bisa memperoleh keuntungan sepenuhnya.

  1. Menyebabkan Kerusakan Lingkungan

MNC seringkali mempunyai bidang usaha yang sangat sulit untuk dijalankan oleh perusahaan lokal. Seperti misalnya bisnis atau usaha yang bergerak dalam bidang pertambangan, dimana sangat membutuhkan modal dalam jumlah besar untuk bisa menjalankannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *