Pengertian PIP (Program Indonesia Pintar)

Posted on

Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah mengadakan PIP dengan harapan bisa menjadi salah satu solusi bagi permasalahan dan menunjang mutu serta kualitas pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Cara Login PIP SD, SMP, SMA Dan SMK

Apa itu PIP?

Mungkin sudah banyak dari kalian yang sudah tau apa itu PIP. PIP yang memiliki kepanjangan Program Indonesia Pintar ini merupakan suatu program yang diberikan pemerintah berupa bantuan uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar yang diberikan oleh pemerintah kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi kurang mampu (miskin) untuk membiayai pendidikan melalui kartu Indonesia Pintar (KIP).



Pengertian PIP itu sendiri terdapat beberapa arti dari berbeda sudut pandang, antara lain:

  1. Pengetian PIP DIkdasmen

PIP Dikdasmen yang memiliki kepanjangan Program Indonesia Pintar Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah merupakan Program Indonesia Pintar yang diselanggarakan untuk anak – anak atau peserta didik yang berusia 6 (enam) tahun sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun.

Dengan tujuan dari PIP Dikdasmen ini adalah untuk memberikan pelayanan bagi peserta didik tingkat dasar hingga menengah agar bisa bersekolah sampai dengan tamat sekolah atau lulus dari suatu satuan pendidikan.

  1. Pengertian PIP Pendidikan Tinggi

Program PIP Pendidikan tinggi ini merupakan Program Indonesia Pintar yang diselenggarakan untuk memberikan bantuan dana pendidikan untuk mahasiswa yang di terima di perguruan tinggi.

  1. Pengertian PIP melalui KIP

Yang terakhir adalah PIP melalui KIP, maksudnya Program Indonesia Pintar melalui Kartu Indonesia Pintar. PIP melalui KIP ini artinya pemberian yang berupa uang tunai pendidikan kepada anak atau peserta didik usia (6 sampai 21 tahun) yang berasal dari keluarga yang kurang mampu ekonominya atau miskin.

Rentan miskin di sini adalah keluarga yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Subang Sehat (KSS), Program Keluarga Harapan (PKH).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *