Pengertian PIP (Program Indonesia Pintar)

Posted on

Rentan miskin di sini adalah keluarga yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Subang Sehat (KSS), Program Keluarga Harapan (PKH).



Pembiayaan PIP ini dapat dilakukan sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan pendidikan peserta didik baik itu berupa perlengkapan sekolah, uang saku, biaya transportasi, hingga pembiayaan untuk melakukan uji kompetensi.

Pemerintah mengharapkan dengan adanya Program Indonesia Pintar ini bisa mengatasi permasalahan – permasalahan bagi peserta didik yang ingin sekali menempuh pendidikan namun terkendala biaya dan akhirnya putus sekolah

Dalam pembuatan Program Indonesia Pintar ini tentunya memiliki tujuan – tujuan tersendiri. Mari simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: No Registrasi Akta Kelahiran Di Dapodik

Tujuan Dari Program Indonesia Pintar

Tujuan program PIP secara umum tentu saja untuk menunjang kualitas dan mutu pendidikan dari masalah kemiskinan. Namun, tujuan dari program PIP ini dibagi berdasarkan Dikdasmen dan perguruan tinggi.

(1)Tujuan PIP untuk Dikdasmen

  • Meningkatkan akses bagi anak usia 6 tahun sampai dengan 21 tahun agar mendapat pelayanan pendidikan sampai mereka lulus dari satuan pendidikan dasar ke pendidikan menengah, dari pendidikan menengah ke perguruan tinggi yang mereka impikan. Serta menjadi salah satu penunjang program wajib belajar 12 tahun.
  • Mengatasi dan mencegah terjadinya fenomena putus sekolah (drop out) atau tidak lagi melanjutkan pendidikan karena terjadi kendala pada biaya.
  • Menarik siswa yang telah putus sekolah (drop out) agar dapat kembali melanjutkan sekolah dan mendapat layanan pendidikan di sekolah, sanggar kegiatan, pusat kegiatan belajar masyarakat, lembaga kursus dan pelatihan, da satuan pendidikan formal lainnya.

(2)Tujuan PIP untuk pendidikan tinggi

  • Untuk meningkatkan perluasan akses dan kesempatan belajar bagi para mahasiswa di jenjang perguruan tinggi yang tidak mampu karena permasalahan pada kondisi ekonomi
  • Meningkatkan prestasi mahasiswa pada bidang akademik dan non akademik
  • Menjamin keberlangsungan studi mahasiswa yang berasal dari daerah terdepan, terluar, atau pun tertinggal, menempuh studi pada perguruan tinggi pada wilayah yang terkena bencana atau konflik sosial
  • Meningkatkan angka prestasi kasar atau APK pendidikan tinggi

Baca juga: Mencari NISN Berdasarkan Nama Siswa

Sasaran dari Program Indonesia Pintar

Agar pemerataan dana bantuan Program Indonesia Pintar ini bisa mendapatkan sasaran yang tepat guna memperlancar pelaksanaan sesuai dengan ketentuan dan ketetapan maka diberikan kriteria khusus bagi penrima bantuan Program Indonesia Pintar.



Kriteria peerima bantuan dana Program Indonesia Pintar atau sasaran PIP adalah peserta didik yang memiliki kartu – kartu berikut ini:

  • Peserta didik yang memiliki kartu Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  • Peserta didik yang memiliki kartu Kartu Indonesia Sehat (KIS)
  • Peserta didik yang memiliki Kartu Subang Sehat (KSS)
  • Peserta didik yang termasuk Program Keluarga Harapan (PKH)

Bagi peserta didik yang dirasa kurang mampu tapi tidak memiliki kartu – kartu di atas bisa tetap diusulkan dengan kriteria yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.